Polres dan Puskesmas Sosialisasi Cuci Tangan yang Benar di Pusat Kuliner Lingkaran

NUNUKAN – Merebaknya Covid-19, Puskesmas Nunukan Timur bersama Polres Nunukan melakukan edukasi kepada masyarakat di pusat kuliner dan pusat perbelanjaan yang ada di lingkaran, Nunukan, Ahad 22 Maret 2020.

Dikatakan KBO Binmas Polres Nunukan, Ipda Agus Suyono SH, pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat dengan enam langkah untuk pencegahan covid-19. Yaitu mencuci tangan yang baik dan benar, membacakan maklumat Kapolri, social distancing, ditambah dengan imbauan Kapolres Nunukan terkait Covid-19.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1560 votes

“Jauhi kerumunan, kerja, belajar dan ibadah di rumah saja jika bisa. Ini dilakukan untuk meminimalisir bersentuhan dan berdekatan dengan orang lain. Karena hal ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya kepada benuanta.co.id, Ahad (22/3/2020).

Baca Juga :  Setelah Melahirkan, Penting Cek Kekuatan Otot Dasar Panggul

Selain itu, usahakan berjemur di bawah matahari seperti di depan teras rumah pada saat panas.  Pastikan sirkulasi udara baik sehingga terhindar dari ruangan lembab, dan tunda kegiatan-kegiatan missal. Seperti arisan, reuni dan sebagainya, dalam pencegahan penyebaran covid-19.

Sementara imbauan Puskesmas Nunukan Timur dan Binmas Polres Nunukan juga mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar kepada masyarakat setempat dan para pengunjung dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Tidak hanya itu, mereka juga disarankan menggunakan masker bila batuk atau pilek.

Baca Juga :  BP3MI Kaltara Fasilitasi Pemulangan PMI Bermasalah ke Daerah Asal

Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah. Rajin berolahraga, istirahat yang cukup, jangan konsumsi daging yang tidak dimasak. “Bila batuk dan pilek, sesak napas segera ke puskesmas dan rumah sakit. Jangan panik, dan perbanyak berdoa kepada tuhan yang maha esa,” tutupnya.

Ditambahkan Kepala Puskesmas Nunukan Timur, dr. Eka Aprina Lestari, apa yang dilakukan tersebut adalah salah satu bentuk cara pencegahan penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini penyebarannya sudah mencapai 450 positif di Indonesia. “Kami berinisiatif melakukan kegiatan ini, dengan menggandeng Polres Nunukan karena mereka melakukan cuci tangan masal,” ujarnya.

Baca Juga :  Dua PMI Kabur dari Malaysia, Ngakunya Gaji Tak Sesuai Perjanjian 

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih sadar lagi dengan perilaku hidup bersih, lebih sehat dengan cara cuci tangan dengan baik dan benar. “Kami harap masyarakat bisa menerapkan di kehidupan sehari-harinya mereka, sebelum melakukan aktivasi maupun sesudah harus mencuci tangannya,” harapannya. (*)

 

Reporter Darmawan

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *