Legenda Atletik Carl Lewis Sarankan Olimpiade Tokyo Ditunda 2 Tahun

LEGENDA atletik asal Amerika Serikat, Carl Lewis, menyarankan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda dua tahun, mengingat dunia kini tengah berperang menghadapi pandemi global COVID-19.

Penyabet sembilan medali emas Olimpiade itu mendukung seruan yang sempat disampaikan federasi atletik serta federasi renang Amerika Serikat untuk menunda Olimpiade Tokyo.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1545 votes

“Bagian terbaik dari penundaan itu adalah, mereka menyampaikan pesan solidaritas di dalamnya,” kata Carl Lewis dalam wawancara dengan stasiun televisi KRIV dilansir AFP, Senin WIB.

Baca Juga :  STY Akui Persiapan Timnas Terhambat karena Beberapa Pemain Sakit

Pandemi COVID-19 yang tersebar di hampir seluruh penjuru dunia membuat banyak atlet kesulitan melakukan persiapan, sebab banyak negara menerapkan karantina wilayah yang praktis berdampak pada tertutupnya akses terhadap fasilitas latihan.

Terlebih, sudah banyak ajang olahraga bergengsi lainnya yang sudah memutuskan untuk menunda atau menangguhkan penyelenggarannya akibat COVID-19.

“Saya pikir sangat sulit bagi atlet untuk mempersiapkan diri, berlatih, bahkan menjaga motivasi mereka jika masih diliputi segala ketidakpastian ini. Itu hal yang tersulit,” kata Lewis.

Baca Juga :  Muhammad Ferarri dan Rachmat Irianto Susul Timnas ke Vietnam

“Sebab, ini menyangkut kesehatan dan jauh di luar kendali siapa pun. Saya pikir, jika ditunda, kebanyakan atlet akan menerimanya,” ujarnya menambahkan.

Olimpiade Tokyo sedianya digelar pada 24 Juli s.d. 9 Agustus, tetapi belakangan banyak negara kian santer menyerukan agar pesta olahraga empat tahunan itu ditunda menyusul kian memburuknya pandemi COVID-19.

Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) baru saja mengumumkan kesepakatan mereka untuk memulai pembicaraan mengenai berbagai skenario alternatif atas jadwal Olimpiade Tokyo, termasuk opsi menundanya dari jadwal yang sudah direncanakan.

Baca Juga :  Vietnam dan Phillipe Troussier Sepakat Akhiri Kerja Sama

Lewis, menyarankan Olimpiade Tokyo ditunda dua tahun, kalau perlu setelah Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada 2022 selesai dilangsungkan.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *