oleh

Bersama Polri dan FKUB, Kodim 0910/Malinau akan Lakukan Penyemprotan Rumah Ibadah

MALINAU – Keterbatasan ketersedian antispetik dan masker tidak menghalangi upaya Kodim 0910/Malinau untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19. Yakni dengan cara penyemprotan sejumlah rumah ibadah di Malinau. Hal itu direncanakan akan dilakukan pada 26 Maret dan 27 Maret 2020 mendatang.

Saat dikonfirmasi, Komandan Kodim 0910/Malinau, Letkol Infantri Nopid Arif mengatakan, rencana itu dilakukan sebagai upaya pencegahan virus corona di tempat-tempat ibadah. Baik di masjid, gereja, pura dan vihara. Semuannya akan disemprot disinfektan dengan cairan anti septik.

Kepada benuanta.co.id, Letkol Inf. Nopid Arif menjelaskan, hal ini sebagai tindakan sterilisasi sejumlah rumah ibadah agar aman bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah nantinya. “Paling tidak upaya yang kami lakukan ini juga bisa memutuskan rantai penyebaran covid-19 di wilayah Malinau. Memang saat ini kondisi Malinau terbilang masih aman, namun bukan berarti kita diam. Harus ada langkah-langkah antisipasi yang harus terus dilakukan dan disinfektan salah satunya. Selain rajin mencuci tangan, menggunakan masker, serta menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat,” terangnya.

Sulitnya ketersediaan antiseptik karena kekosongan stok, menurut Nopid Arif tidak menjadi kendala bagi pihaknya untuk mengumpulkan bahan-bahan yang diramu untuk menjadi antiseptik atau cairan disinfektan.

“Antiseptik bukan hanya cairan dettol saja mas, sabun mandi juga bisa, sabun cuci tangan bahkan sabun cuci pakaian juga bisa, karena semuanya juga mengandung antiseptik yang bisa membunuh kuman. Karena itu masyarakat tidak perlu panik jika kehabisan antiseptik cairan botol dettol, karena sabun lainnya juga fungsinya sama. Bukan hanya dettol saja kok,” jelas Dandim.

Nopid Arif menambahkan, dirinya juga menyampaikan izin sekaligus pemberitahuan kepada Kapolres Malinau untuk melaksanakan giat ini. Ternyata direspons positif oleh Kapolres Malinau dan menjadikan ini kegiatan bersama.

“Kapolres mengajak kami untuk bersinergi melaksanakannya, akhirnya kami sepakati ini sebagai kegiatan bersama TNI-Polri, FKUB dan masyarakat Malinau,” tutupnya.(*)

 

Reporter : Ronny Meranda

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed