Panglima TNI: Alkes COVID-19 Dari China Sampai Besok

Jakarta- Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengatakan, sembilan ton alat kesehatan terkait penanganan COVID-19 dari Shanghai China akan sampai ke Jakarta besok Senin (22/3) pukul 09.30 WIB.

“Besok pagi, pesawat akan mendarat di (Pangkalan Udara TNI AU) Halim Perdanakusuma pukul 9 lebih 30 menit,” kata dia, di Kemayoran, Jakarta, Minggu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1988 votes

Ia menambahkan, alat kesehatan itu sebetulnya sudah diangkut menggunakan pesawat transport berat C-130B Hercules dari Skuadron Udara 32 dalam suatu penerbangan feri.

Baca Juga :  Presiden Nyatakan Sikap Deeskalasi RI Hadapi Konflik Timur Tengah

C-130B Hercules itu tiba di China semalam, langsung mengisi ruang kargo dengan alat kesehatan yang dipesan Indonesia, terbang kembali ke Indonesia, dan tadi pagi sudah mendarat di Pangkalan Udara TNI AU Rd Sadjad, Natuna.

Kata Tjahjanto, setelah alkes itu sampai di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, maka akan langsung diserahterimakan kepada Wakil Menteri Pertahanan, Wahyu Sakti Trenggono, oleh Kepala Staf Umum TNI, Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

Baca Juga :  Dokter Ungkap Hal Salah Kaprah soal Diabetes yang Diwariskan pada Anak

Adapun alkes yang diangkut tersebut menjadi tanggung jawab Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, sehingga Tjahjanto mengatakan Monardo pun akan diundang dalam proses serah-terima obat-obatan itu.

Adapun alat-alat kesehatan dari Shanghai, China, itu berupa masker sekali pakai, masker N95, pakaian pelindung tubuh, kacamata pelindung, sarung tangan karet, penutup sepatu, thermometer infra merah, dan penutup kepala untuk operasi, dan beberapa yang lain.

Baca Juga :  Badan Geologi Pantau Gunung di Dekat Gunung Ruang Secara Intensif

Permintaan dari Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, kepada panglima TNI soal penangkutan alat-alat kesehatan ke Tanah Air itu tertuang dalam Surat Menhan RI Prabowo Subianto dengan No B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020. Kementerian Pertahanan juga sudah membentuk tim khusus penanganan virus Corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *