oleh

Dukung Pencegahan Covid-19, PMI Kaltara Berikan Bantuan Alat Penyemprotan

TARAKAN – Pengurus PMI Provinsi Kalimantan Utara menyerahkan 2 alat penyemprotan (Spraying) kepada PMI Kabupaten Nunukan, Jumat 20 Maret 2020.

Ketua PMI Provinsi Kalimantan Utara, Ir. H. Syaiful Herman, M.AP berpesan agar alat yang diberikan bisa digunakan secara maksimal di lapangan, dalam penanganan Covid-19 yang saat ini sudah masuk ke Indonesia.

“Kabupaten Nunukan merupakan salah satu pintu masuk orang dari luar negeri, khususnya dari Tawau Sabah Malaysia ke Nunukan dan dari Serawak ke Krayan, serta ada beberapa pintu masuk yang secara ilegal,” ungkap pria yang juga menjabat Asisten 2 Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara tersebut.

PMI Provinsi Kalimantan Utara memberikan perhatian khusus kepada PMI Kabupaten Nunukan untuk melaksanakan kegiatan penangganan Covid-19. Ditambah lagi, PMI Kabupaten tergabung dalam Tim Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMD) yang sudah bekerja sejak bulan Februari sampai saat ini.

Sementara itu, Sekretaris PMI Provinsi Kalimantan Utara, Risdianto mengatakan, kondisi saat ini di Kalimantan Utara, Pengurus PMI Kalimantan Utara secara aktif melakukan pemantauan perkembangan di PMI kabupaten kota terkait apa yang sudah dilakukan dalam hal penangganan Covid-19, khususnya oleh PMI kabupaten kota.

Ada 2 PMI kabupaten kota yang secara aktif terlibat di lapangan, yaitu PMI Kabupaten Nunukan dengan melakukan screening bagi penumpang dan deportan TKI dari Tawau, Tarakan dan yang menggunakan Kapal Pelni, kunjungan ke rumah-rumah bagi orang yang dalam pemantauan serta penyebaran informasi ke masyarakat.

“PMI Kota Tarakan secara aktif melakukan upaya publikasi dan edukasi ke masyarakat tentang pencegahan Covid-19 melalui media sosial PMI Kota Tarakan. PMI Kota Tarakan sedang mempersiapkan kegiatan penyemprotan di Markas PMI, Unit Donor Darah PMI, tempat-tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya,” jelasnya.

Selain itu, PMI Provinsi Kalimantan Utara terus melakukan koordinasi dan melaporkan perkembangan kegiatan Covid-19 ke pengurus PMI pusat dan ada respons positif dari pengurus pusat, dalam waktu dekat ini PMI Provinsi Kalimantan Utara akan mendapatkan dukungan berupa; Sprayer 10 pcs, baju Pelindung 20 pcs, kacamata Google 10 pcs, sarung tangan karet 20 pcs dan cairan Vircon 10 pcs.

“Nantinya akan dibagikan kepada PMI kabupaten kota se Kalimantan Utara dengan memperhatikan skala prioritas, mana PMI kabupaten kota yang mendapatkan dukungan lebih. Saat ini dukungan tersebut sedang dalam proses pengiriman dari Jakarta ke Kalimantan Utara,” tutup Risdianto.(*)

 

Reporter: Ramli
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed