oleh

Pelajar SMA/SMK/SLB Mulai Hari Ini Diinstruksikan Belajar di Rumah

FIRMANANUR: BAGI YANG UNBK TETAP BERJALAN SAMBIL MENUNGGU INSTRUKSI KEMENDIKBUD

TANJUNG SELOR – Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Kaltara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara menerapkan beberapa kebijakan kepada pelajar SMA/SMK/SLB. Yakni melakukan kegiatan belajar di rumah. Itu berlaku sejak tanggal 20 Maret hingga 4 April 2020.

“Kita perintahkan kepada seluruh kepala satuan pendidikan SMA, SMK dan SLB terhitung hari ini hingga 4 April dilaksanakan di rumah,” ungkap Plh. Kelapa Disdikbud Kaltara, Firmananur kepada benuanta.co.id, Jumat 20 Maret 2020.

Kata dia, ini bukan libur sehingga para pelajar bebas untuk keluyuran. Tapi fokus untuk belajar di rumah. Ini bentuk pencegahan penyebaran virus Corona Covid 19. Ada dua cara pembelajaran yang akan diberlakukan, yakni belajar dalam jaringan atau online. “Kemendikbud sudah membuat laman portal maupun android, di alamat belajar kemdikbud.go.id,” ucapnya.

Lalu pola belajar kedua adalah secara mandiri, berupa tugas yang diberikan oleh guru di sekolah terutama di daerah Terpencil, Tertinggal dan Terluar (3T). “Lalu orang tua juga harus melakukan pengawasan saat anak di rumah dan perlu melakukan sosial distancing,” jelasnya.

Untuk guru pun tetap harus hadir di sekolah, agar bisa memandu proses belajar siswa melalui sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring). “Para tenaga pendidik tetap harus ke sekolah,” bebernya.

“Kalau masalah jaringan di sini tidak terhambat, semua bisa akses laman website-nya. Yang terbatas itu 3T mereka belajar mandiri,” sambung mantan Sekkot Tarakan ini.

Terkait ujian sekolah, ujian nasional dan ujian kompetensi keahlian seusai UNBK SMK di tanggal 16 hingga 19 Maret kemarin. Pihaknya mengatakan bagi siswa kelas XII SMA, MA dan SLB akan tetap berjalan.

“Jadi UNBK SMA, UKK bagi SMK tetap akan dilaksanakan di sekolah sambil menunggu instruksi dari Kemendikbud,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed