oleh

Malinau Masih Aman, ASN Sementara Dilarang Melakukan Perjalanan Dinas

MALINAU – Terkait penyebaran virus corona atau covid-19, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menekankan agar sementara ini warga Malinau tidak keluar dari Malinau. Tak hanya masyarakat, bupati juga menerapkan hal serupa pada ASN aagar tidak melakukan perjalanan dinas keluar Malinau.

Hal itu sudah dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 800/313/Hukum tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak melaksanakan perjalanan dinas keluar daerah untuk saat ini hingga kondisi mulai membaik.

Kepada benuanta.co.id, Bupati Malinau, Dr. Yansen TP M.Si menjelaskan, langkah ini ditempuh dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona. “Memang saat ini kondisi Malinau masih aman dan bersih, hingga kini tidak ada warga yang dalam pengawasan, namun bukan berarti hal ini disepelekan atau diremehkan,” tegas Butapi.

“Kita semua harus tetap waspada, karena itu pengawasan di pintu-pintu masuk semakin diperketat. Hal itu juga belum cukup, harus didukung proteksi yang kuat dengan cara tidak melakukan perjalanan dinas dulu keluar daerah jika tidak penting. Kalaupun sangat penting harus izin dulu ke atasan terutama ke sekda,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menjalankan surat edaran dari Mendagri Nomor 440/2436/sj serta Surat Edaran Menpan RB tentang penyesuaian sistem kerja pegawai di lingkungan Pemkab Malinau.

“Inilah upaya-upaya yang kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di Malinau. Selain untuk ASN, sekolah juga akan diberlakukan belajar di rumah mulai 23 Maret 2020. Selama belajar di rumah, anak-anak juga dilarang untuk keluar rumah. Jadi sebaiknya kita jaga keluarga kita, jaga anak dan istri kita dari virus corona ini,” ujar Yansen.

Yansen TP berharap seluruh ASN dan unsur masyarakat saling mendukung untuk bersama-sama mengantisipasi penyebaran virus ini agar tidak sampai masuk Malinau. Bukan hanya mengawasi warga yang datang dari Malinau, namun sebaiknya warga Malinau juga tidak melakukan perjalanan ke luar Malinau jika tidak penting untuk keamanan bersama.

“Mari kita jaga keluarga kita dan masyarakat kita dari penyebaran virus ini. Meski telah ada tim yang bekerja di lapangan untuk mengawasi pintu-pintu masuk, namun kita semua juga harus  berperan untuk mencegahnya,” tutup Yansen.(*)

Reporter : Ronny Meranda

Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed