Dampak Covid-19, Bawaslu Kaltara Tunda Kegiatan Besar

TARAKAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltara akan mengurangi kegiatan berskala besar untuk melakukan pencegahan virus Corona atau Covid -19.

Hal ini dilakukan mengingat saat ini Bawaslu Kaltara telah menerima surat edaran dari Bawaslu RI untuk mengurangi atau menunda kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

“Kami telah terima surat edaran Bawaslu RI terkait masalah virus covid-19 ini. Di mana kami dimbau agar kegiatan yang mengumpulkan orang banyak agar di tunda,” Kata anggota Bawaslu Provinsi Kaltara, H. Mumaddadah SH MH, Jumat (20/3/2020).

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

Dengan adanya edaran itu, beberapa kegiatan Bawaslu Kaltara di antaranya bimtek dan Bawaslu Expo 2020 akan ditunda. Namun meski kegiatan tersebut ditunda, kegiatan lainnya tetap berjalan sesuai program yang telah disiapkan.

“Jadi kegiatan berskala besar saja kami tunda, dan kegiatan lainnya tetap berjalan. Untuk sampai kapan kami belum tahu, kami hanya menunggu surat edaran,” tuturnya.

Baca Juga :  Satreskrim Lanjutkan Pemeriksaan Saksi Kecelakaan Kerja di PT PRI

Selain itu, pihaknya akan memperkuat kegiatan sosialisasi dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, facebook, dan website Bawaslu. Hal ini dilakukan untuk mempermudah sosialisasi di masa virus corona ini mewabah.

“Informasi, segala kegiatan Bawaslu dan sosialisasi kami akan sampaikan melalui media sosial, ini bentuk tugas dan kewajiban kami sebagai Bawaslu,” terangnya.

Apalagi saat ini teknologi sudah mulai maju, di mana pengawasan bisa dilakukan menggunakan metode apa saja. Untuk pelanggaran yang ditemukan masyarakat, bisa langsung menyampaikan ke akun resmi Bawaslu yakni Gowaslu.

Baca Juga :  Buntut Ancam Orang Pakai Sajam, AW Masuk Bui

“Media sosial memang sangat penting saat ini. Jadi kita melakukan pengawasan tidak perlu bertatap muka secara langsung. Laporan-laporan juga kami akan tetap terima nantinya,” jelasnya.

Dalam pilkada serentak ini, di tengah mewabahnya virus Covid-19, Ia berharap agar masyarakat dapat membantu dan bekerjasama dalam melakukan pengawasan-pengawasan di setiap tahapan pilkada.

“Masyarakat mempunyai peran aktif di sini. Di mana kita bisa melaksanakan pilkada ini dengan lancar, dan mengawal semua tahapan,” ujarnya.

“Kalau ditemukan di lapangan maupaun di mana ada dugaan pelanggaran, masyarakat bisa melaporkan kepada kami. Kami akan siap menerima semua laporan mereka,” pungkasnya.(*)

Reporter : Rico Jeferson

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *