oleh

Miliki 18 Puskesmas, Kadinkes : Ini melebihi Target Pemerintah Sebesar 450 Persen

MALINAU – Berbagai sarana dan prasarana kesehatan terus ditingkatkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kabupaten Malinau.

Di mana saat ini Kabupaten Malinau telah memiliki 1 rumah sakit tipe C, 2 rumah sakit tipe D dan didukung oleh 17 puskesmas yang saat ini telah beroperasi.

“Akan ada satu lagi puskesmas yang akan beroperasi di tahun 2020 nanti. Jadi total ada 18 puskesmas,” tutur dr. John Felix Rundupadang, Kepala Dinkes Malinau.

Ia mengungkapkan, dari jumlah fasilitas yang tersedia saat ini dirasa telah cukup memadai. Yang mana jika jumlah penduduk dibandingkan dengan jumlah puskesmas, maka Malinau hanya membutuhkan 4 puskesmas. Tapi pada realitanya saat ini, Malinau telah memiliki 18 puskesmas. “Kita telah melebihi target yang diberikan oleh pemerintah hingga 450 persen,” ungkapnya.

dr. John Felix menyampaikan apresiasinya atas perhatian pemerintah kabupaten terhadap kepedulian kesehatan yang sangat luar biasa. Di mana pihak pemerintah tidak hanya melihat berdasarkan jumlah penduduk, tetapi melihat dari tingkat kebutuhannya.

“Tidak melihat jumlah penduduk berapa. Kalau itu harus dibangunkan puskesmas, maka kita bangunkan puskesmas,” tegas dr. Jhon Felix

Diakui dr. John Felix, meski jumlah puskesmas yang tersedia saat ini telah memadai. Namun ada beberapa puskesmas yang masih kekurangan terkait fasilitas alat kesehatan. Hal ini dikarenakan kondisi geografis yang sulit untuk melakukan pendistribusian berbagai alat kesehatan yang dibutuhkan oleh puskesmas.

“Namun pada prinsipnya, kita tetap akan memenuhi seluruh kebutuhan tersebut secara bertahap,” pungkasnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed