oleh

Pembukaan Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2021

Wabup Topan : “Pencapaian Target Pembangunan, OPD Wajib Lakukan Inovasi”

Malinau– Pemerintah Kabupaten Malinau melalui Bappeda dan Litbang mengelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Malinau Tahun 2021. Di buka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Malinau Dr. Topan Amrullah, S.pd, M.Si. Bertempat di ruang Laga Feratu Lantai lll kantor Bupati Malinau. Kamis (20/02).

Dihadiri Wakil Ketua l dan anggota DPRD Kabupaten Malinau, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Malinau, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Dan Kepala Opd Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malinau, serta Camat, Kepala Desa Sekitar Ibu kota Kabaputen Malinau, para pelaku bisnis, pimpinan organisasi kemasyarakatan, organisasi wanita dan kepemudaan.

Konsultasi publik tahun ini mengusung tema ”Malinau Maju dan Sejahtera Melalui Pengembangan Dan Peningkatan Ekonomi Produktif Dengan Mendorong Aktivitas Dan Kreatifitas Usaha Kerajinan Lokal Komoditas Unggulan Desa Dan Wisata”.

Dalam sambutan tertulis Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si yang dibacakan Wakil Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah, S.pd, M.Si, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada para undangan yang telah meluangkan waktu untuk berpartisipasi dalam forum.

“Saya yakin, kesamaan niat untuk memajukan Kabupaten Malinau menjadi salah satu faktor penting yang mendorong dan meringankan langkah kita untuk hadir di sini,” ucapnya.

Kemudian lanjutnya, penyelenggaraan konsultasi publik ini merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan karena tahun 2021 merupakan tahun kelima bagi pemerintah kabupaten malinau dalam rangka mengupayakan pencapaian visi pemerintah kabupaten malinau yaitu : “Terwujudnya Kabupaten Malinau Yang Maju Dan Sejahtera Melalui Gerakan Desa Membangun”.

Wabup menyampaikan ada 26 target sasaran lainnya sudah berhasil kita capai diantaranya yaitu tingkat kemiskinan tahun 2019 menurun menjadi 6,96% dibanding tahun 2017 yang merupakan ke satu perencanaan jangka menengah kabupaten malinau yaitu sebesar 8.06 , IPM kabupaten malinau tahun 2019 sebesar 72.06 merupakan IPM tertinggi kedua di kaltara setelah kota tarakan, tingkat penganguran terbuka tahun 2019 menurun hingga 4.13 %, ini merupakan prestasi yang mencerminkan keberhasilan kita semua, keberhasilan bersama antara pemerintah dan stakeholder terkait. keberhasilan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan peran kita semua sesuai kewenangannya masing-masing.

“Untuk indikator kinerja yang sudah berhasil kita capai, saya minta dipertahankan konsistensinya secara berkesinambungan,” Ujarnya.

Wabup berharap kepada seluruh perangkat daerah, pemerintah desa serta pemangku kepentingan lainnya untuk mengarahkan rencana kerjanya selaras dengan prioritas dan arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2021.

Kemudian lanjutnya, kita harus memunculkan inovasi disemua bidang pemerintahan untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan yang ada di kabupaten malinau. sebuah inovasi wajib memiliki keunggulan dan nilai berbeda dibandingkan dengan pola kerja sebelumnya.

“Buat terobosan baru, temukan cara-cara baru atau kombinasi baru dari cara-cara lama dalam memyelesaikan permasalahan, kembangkan program-program yang bersifat strategis guna memperoleh peningkatan yang sesuai dengan tujuan dan sasaran yang sudah ditetapkan khususnya dalam proses pembangunan,” ucapnya.

Wabup Topan mengharapkan semua OPD berlomba-lomba melakukan inovasi dalam mencapai target pembangunan daerah, inovasi yang terbaik akan di ikut sertakan kedalam penilaian penghargaan pembangunan daerah yang diselenggarakan oleh kementerian ppn/bappenas setiap tahun.

Keberhasilan pelaksanaan pembangunan kabupaten malinau sangat bergantung pada strategi berbagi peran antara pemerintah, masyarakat dan swasta. “untuk itu mari kita bangun komintmen dan tetap terus berkoordinasi secara sinergis dan harmonis dalam proses pembangunan,” ucapnya. (PROKOMPIM Malinau)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed