oleh

Peringatan hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-74 Tahun 2020 mengusung Tema “Umat Rukun Indonesia Maju”

Malinau – Hari Amal Bakti Ke-74 Kementrian Agama dengan Tema Hari Amal Bakti “Umat Rukun, Indonesia Maju” digelar apel dilingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Malinau bertempat di Ruang Tebengang Lantai II Kantor Bupati Malinau. Apel dipimpin oleh Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd., M.Si sedangkan peserta apel terdiri dari para tamu undangan, para ASN, TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, Jum’at (3/1).

Dalam kesempatan ini penyerahan penghargaan Satyalencana Karya Satya 10 Tahun kepada 3 (tiga) ASN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Malinau yang di serahkan oleh Wakil Bupati Malinau selaku pembina upacara di dampingi FKPD Malinau, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau.

Dalam sambutan Menteri Agama RI Fachrul Razi yang dibacakan oleh Wabup Topan menyampaikan bahwa hari ini kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama.

Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merekfleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak terlepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu.

Baca Juga :  Mulai Kerja di 2021, Sekda Malinau Lakukan Sidak Pegawai

Dalam negara pancasila, siapa pun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda. Demikian pula segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara,”ucapnya.

Sejalan dengan tema hari amal bakti kementerian agama tahun 2020 ialah, “umat rukun, indonesia maju”, saya mengajak seluruh jajaran kementerian agama di pusat dan di daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Untuk itu, seluruh jajaran kementerian agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis kementerian agama secara kontekstual di tengah masyarakat.

Baca Juga :  Ping Ding Resmi Gantikan Wempi Sebagai Ketua DPRD Malinau

Dalam kesempatan memperingati hari amal bakti kementerian agama ke-74 tahun 2020, secara khusus saya mengajak jajaran kementerian agama di seluruh indonesia untuk memperhatikan 6 (enam) hal : Pertama Pahami sejarah kementerian agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan Negara, Kedua Jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja kementerian agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan, Ketiga Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan, Keempat Perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agamaorganisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat, Kelima Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan, Kenam Implementasikan visi dan misi pemerintah ke dalam program kerja kementerian agama di semua unit kerja pusat, daerah dan perguruan tinggi keagamaan,”harapnya.

Baca Juga :  Hasil Uji Lab,1 Pasien PDP di Malinau Negatif Corona

Selanjutnya, pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh mitra kerja kementerian agama, terutama DPR-RI dan DPD-RI, BPK, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian, para Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia, Majelis-majelis Agama, Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Dakwah, serta Rekan-rekan Media, atas dukungan dan kerjasamanya membantu kelancaran tugas dan program kementerian agama. Utamanya, tentu tidak lupa saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh aparatur kementerian agama, baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya

Akhirnya, saya meminta kepada segenap aparatur kementerian agama, berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik kementerian agama. Semoga pengabdian saudara-saudara kepada negara, bangsa dan agama selalu mendapat Ridla Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa,”pungkasnya. (Hms).

“Teruslah Bersemangat Dan Bekerjasama”
“Saya Ada Untuk Semua”
“Bersama Kita Pasti Bisa”
“Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed