Profesional di Bidangnya, Wujud Bela Negara

NUNUKAN – Hari Bela Negara (HBN) adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yang diperingati setiap tanggal 19 Desember. Peringatan HBN ke-71 di Kabupaten Nunukan dipusatkan di halaman Kantor Bupati Nunukan.

Disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muhammad Amin SH, bela negara adalah sesuatu komitmen yang harus dijaga. Bela negara tidak hanya menjaga daerah-daerah perbatasan sebagai wilayah NKRI yang aman damai, namun kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya Kabupaten Nunukan yang juga perlu diwujudkan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1560 votes

Berdasarkan visi misi pemerintah daerah maupun pusat, tujuan pemerintah itu lahir untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam melakukan pelayanan secara maksimal. Pemerintah daerah sebagai pemerintah negara berkewajiban untuk melakukan pelayanan secara maksimal dalam menyelenggarakan pemerintahan yang baik, sehingga apa tujuan negara itu bisa diwujudkan.

Baca Juga :  Pemda Nunukan Paparkan Realisasi Capaian Kinerja IKU ke DPRD

Upaya Pemerintah daerah kabupaten Nunukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, setiap perangkat daerah atau SKPD melaksanakan kegiatan atau program berdasarkan visi misi, itu merupakan salah satu cara untuk mengaktualisasikan dari visi misi tersebut. Dengan tujuan akhir adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat adil dan bahagia.

“Kami juga mendorong kepala perangkat daerah yang ada di dinas, baik di kecamatan maupun lainnya, apa yang menjadi program kegiatan itu agar bisa betul-betul menyentuh di masyarakat, yang berdampak luas dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Baik itu dari sektor pertanian, jasa, perikanan, maupun sektor lainnya,” kata Muhammad Amin, SH kepada benuanta, Kamis (19/12/2019).

Baca Juga :  Bupati Laura Smpaikan LKPj Anggaran 2023 ke DPRD Nunukan

Sedangkan bela negara ini tidak hanya kepada fisik atau secara militer, namun berbagai aspek dan semua profesi. Baik TNI Polri, wartawan, ASN dan profesi lainnya harus profesional di bidangnya. Karena itu adalah salah satu bentuk perwujudan bela negara.

“Kita masing-masing individu dalam menjalani kehidupan kita di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai anak bangsa itu betul-betul tampil sebagai pelopor bela negara. Di mana pun kita berada dan apapun profesi kita, harus merencanakan dengan sebaik-baiknya. Bahwa bela negara wajib kita laksanakan setiap individu bagi warga Republik Indonesia,” tutur Amin.

Dilihat dari geografis, Kabupaten Nunukan adalah salah satu bagian daerah perbatasan, sehingga harus betul-betul profesional di bidangnya. Sehingga bagaimana menjaga NKRI, khususnya di daerah perbatasan betul-betul mempunyai rasa bela negara itu. Sebab peluang terjadinya gesekan antara negara sangat berpotensi.

Baca Juga :  Pemda Nunukan Paparkan Realisasi Capaian Kinerja IKU ke DPRD

“Saya berharap kepada masyarakat Kabupaten Nunukan betul-betul bisa memaknai dan memahami apa arti dari bela negara. Baik secara pribadi dan secara golongan masyarakat, maupun secara keselurahan sebagai bagian dari pada warga Kabupaten Nunukan yang hidup di daerah perbatasan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Amin, masyarakat perbatasan sangat mencintai Republik Indonesia dan sangat yakin bahwa Indonesia, khususnya Kabupaten Nunukan lebih baik lagi. (*)

 

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *