Tingkatkan Mutu Pendidikan Dasar, Disdik KTT Gelar Pelatihan Gandeng Inovasi

TANA TIDUNG – Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung (KTT) bekerja sama dengan Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (Inovasi), melakukan pelatihan untuk guru di KTT, Rabu (18/12/2019).

Kegiatan ini inisiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung (Disdik KTT) dan direspons positif oleh Inovasi sebagai narasumber. Kegiatan Rabu tadi ini berupa program peningkatan mutu pendidikan dasar, khususnya di bidang literasi.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1544 votes

Inovasi adalah buah proram kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia. Program ini dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar, khususnya literasi, numerasi dan inklusi.

Baca Juga :  Pelengsengan Pelabuhan Sebawang Mudahkan Pelayanan Kapal Feri

Provincial Communications Officer Kalimantan Utara, Erix Hutasoit menyampaikan, pihaknya membantu Disdik KTT untuk mendesain program peningkatan mutu pendidikan dasar di bidang literasi kelas awal. Yaitu SD kelas 1 sampai 3.

Menurut hasil penelitian Assessment Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016, menunjukkan 47 persen siswa kelas 4 Sekolah Dasar di Indonesia tidak terampil membaca.

Itulah mengapa menurut Erix, keterampilan membaca sekarang menjadi fokus Inovasi saat ini. Ada tiga kriteria seorang anak bisa dikatakan mempunyai keterampilan membaca, yaitu bisa membaca teks, mengerti makna dari teks tersebut dan bisa menceritakan teks tersebut dengan bahasanya sendiri.

Baca Juga :  Pelengsengan Pelabuhan Sebawang Mudahkan Pelayanan Kapal Feri

“Anak bisa dikatakan punya keterampilan baca jika punya 3 kriteria tersebut sekaligus, kalau kurang 1 saja sudah disebut tidak punya keterampilan membaca,” jelasnya.

Erix juga menjelaskan mengapa literasi harus kelas awal yang menjadi fokus mereka. Menurut Erix dan Inovasi, membaca sangat penting untuk siswa SD kelas awal karena membaca adalah modal utama untuk belajar.

Baca Juga :  Pelengsengan Pelabuhan Sebawang Mudahkan Pelayanan Kapal Feri

“Sistem pendidikan kita untuk SD itu dibagi menjadi dua, kelas awal itu kelas 1, 2 dan 3 itu mereka belajar membaca dan kelas 4, 5 dan 6 itu kelas tinggi menggunakan membaca untuk pengetahuan. Maka dari itu keterampilan membaca sangat penting diajarkan di kelas awal,” jelasnya.

“Kami sudah bermitra dengan Kabupaten Bulungan dan Malinau. Sebenernya KTT bukan wilayah mitra kami, tapi karena komitmen Disdik dan pemerintah begitu tinggi, maka kami siap membantu,” tutup Erix.(*)

 

Reporter: Herdiyanto Aldino Bachri

Editor:Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *