oleh

Bangun Tarakan Jadi Kota Pramuka

TARAKAN – Di era milenial ini, Pemerintah Kota Tarakan berusaha mengkolaborasikan para generasi muda dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di samping itu, Pemerintah juga memprioritaskan kegiatan-kegiatan membangun karakter, mindset serta mental para generasi muda sejak dini. Sehingga nantinya genarasi muda Tarakan tidak ketinggalan zaman dan juga tetap memiliki karakter yang kuat, salah satunya melalui kegiatan Pramuka.

Kepada Koran Benuanta, Wakil Walikota Tarakan, Effendhi Djuprianto mengungkapkan, Pemkot Tarakan akan kembali menggalakkan kegiatan Pramuka di Tarakan. Ia berharap bisa mendapatkan dukungan masyarakat secara penuh untuk membentuk Tarakan menjadi kota Pramuka kedepannya. “Kalau bisa masyarakat setuju, bahwa Tarakan adalah kota Pramuka,” ujarnya.

Saat ini Tarakan telah memiliki lahan untuk bumi perkemahan Pramuka dan aset-aset lainnya. Seperti hutan Persemaian Tarakan yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk menghelat kegiatan Pramuka. Di mana melalui Pramuka, para generasi muda dapat bermain maupun mengembangkan ilmu kepemimpinan, kemandirian dan juga belajar untuk menjadi disiplin.

Tak bisa dipungkiri, Pramuka juga berfungsi sebagai sebuah wadah para pemuda untuk berprestasi. Di sisi lain, para generasi muda yang aktif menyibukkan dirinya dengan Pramuka maupun kegiatan-kegiatan positif lainnya, pasti masa muda mereka jauh dari kegiatan menyimpang seperti tawuran dan kenakalan remaja lainnya.

Effendhi juga menegaskan, pihaknya telah menekankan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) agar bumi perkemahan yang ada harus difungsikan sebaik-baiknya. “Karena Pramuka adalah salah satu ekstrakurikuler yang dapat menumbuhkan kepemimpinan dan keterampilan anak-anak Tarakan. Tinggal bagaimana aset-aset yang ada itu kita fungsikan,” pungkas Effendhi.

Tak hanya sebatas itu, dengan adanya kegiatan Pramuka juga diharapkan kreativitas para anak bangsa, termasuk generasi muda Tarakan bisa semakin berkembang. Bahkan diharapkan juga nantinya mereka bisa menghasilkan suatu karya dari kreativitas yang memiliki nilai jual.

“Karena kedepannya para generasi muda yang akan memimpin bangsa dan negara ini. Untuk itu kami mendorong para generasi muda Tarakan untuk aktif dalam kegiatan positif seperti Pramuka yang bisa melatih kreativitas, kemandirian dan juga kepemimpinan,” tutupnya.(*)

 

Reporter : Renaldo Stefan

Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed