oleh

LKBB Upaya Membentuk Karakter Disiplin Diri

MALINAU – Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) dan menyumpit antara Desa dan RT se-Kabupaten Malinau, secara resmi dibuka oleh Bupati Malinau, Dr. Yansen TP, M.Si di halaman Kantor Bupati Malinau, Rabu (6/10/2019).

Dalam laporan Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malinau, Sergius S.Hut, MMP, tujuan dilaksanakannya kegiatan LKBB dan menyumpit ini adalah untuk membangun semangat dan nasionalisme, membangun kepatuhan, kekompakan kepala Desa dengan aparatur desanya. Juga sebagai ajang mengasah, mengali potensi dan bakat serta melatih kemampuan peserta.

Peserta LKBB berjumlah 30 regu, terdiri dari Kecamatan Malinau Kota 5 desa, Kecamatan Malinau Utara 7 desa, Kecamatan Malinau Barat 9 desa, Kecamatan Mentarang 9 desa, dan Kecamatan Malinau Selatan 1 desa.

Sedangkan lomba menyumpit kategori beregu putra dewasa 13 regu, kategori beregu putri dewasa 14 regu, kategori tunggal putra dewasa 39 orang, kategori tunggal putri 9 orang, kategori tunggal anak putra 19 orang dan kategori anak putri 10 orang.

Bupati Yansen TP dalam sambutannya mengharapkan kegiatan LKBB Ini betul- betul orientasinya membentuk karakter kepribadian, sikap perilaku agar disiplin itu turun ke bawah, supaya sikap mental itu betul-betul turun ke bawah, agar gerakan pembangunan di desa itu betul-betul berjalan. “Dalam LKBB gelora dan semangatnya sama, tapi gayanya berbeda,” ungkapnya.

Menurut Yansen TP, Kita bergerak membangun Malinau itu dengan konsep Gerakan Desa Membangun (Gerdema) dan tahun ini kita juga orientasi tegas, karena perda RT sudah berjalan. RT juga harus menjadi kekuatan utama pembangunan Malinau.

“Kalau itu kita lakukan, maka pasti tidak ada lagi sendi-sendi yang tidak bergerak, semua bergerak. Kenapa? Karena kapasitas unit kerja kita sudah sampai ke tingkat ke bawah. Itu harus kuat semua,” jelasnya.

“LKBB ini tidak serta merta bapak dan ibu lakukan hanya ingin mendapat juara. Tidak, betul-betul sedang membangun karakter, jiwa. Kalau ini terjadi saya yakin dan percaya pasti ada perubahan-perubahan besar di desa,” imbuhnya.

Bupati Yansen TP juga meminta kepada para pejabat agar menjadi yang pertama dalam menerapkan disiplin dan teladan agar menjadi contoh yang baik bagi semua. “Bangun jiwa dan nilai diri bapak ibu sekalian, saya yakin Malinau nantinya akan menjadi luar biasa,” ucapnya. (hms/kal)

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eighteen − three =