oleh

Pindah Tugas ke Polda Sultra, Kombes Pol. Faizal : Terima Kasih Warga Kaltara

TARAKAN – Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri) kembali melakukan rotasi beberapa perwira tinggi di Polda Kaltara. Salah satunya adalah Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Kaltara, Kombes Pol Faizal SIK, MH yang akan melanjutkan tugas di Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Sultra.

Bertugas di Polda Kaltara selama satu tahun enam bulan, Kombes Pol Faizal banyak bertrimakasih kepada masyarakat Kaltara khusunya warga Tarakan. Sebab, selama ia menjalankan tugasnya banyak bantuan yang didapatkan dari masyarakat kepada Polda Kaltara. Begitu juga dengan instansi tekait, yang turut dalam pembangunan Polda Kaltara yakni memberikan bantuan bangunan fisik untuk markas Satuan Objek Vital Polda Kaltara di Tarakan.

Kata Kombes Pol Faizal, selama bertugas di Kaltara khususnya di Tarakan Direktorat Objek Vital bertanggungjawab atas pengamanan objek-objek vital nasional dan objek vital tertentu. Objek vital yang menjadi fokus satuan ini diantaranya Bandara Internasional Juwata Tarakan, Pertamina, Medco, dan PLN. Mengenai kawasan tertentu, pihaknya juga melakukan pengamanan perkebunan hingga Pelindo.

“Selama di sini (Tarakan) satu tahun enam bulan kita banyak berterimakasih. Terutama bantuan juga dari rekan-rekan TNI cukup bagus dalam kerjasamanya dalam pengamanan. Alhamdulillah objek vital di sini cukup bagus, karena kami kerjasama dengan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU,” tukas Faizal saat berkunjung ke Redaksi Benuanta, Rabu (30/10).

Tak hanya itu, ia juga berterimakasih kepada media-media yang ada di Kaltara telah membantu tugas kepolisian melalui publikasi pemberitaan. Dengan adanya pemberitaan dari media, kepolisian di Kaltara tak pernah ketinggalan informasi. Terlebih, dengan adanya pemberitaan dari media yang berimbang, menambah kondusifitas di Kaltara.

“Terkususnya untuk Benuanta, meski terbilang masih media baru tapi dihuni orang-orang yang sudah profesional. Sehingga cepat dalam menyajikan informasi, seperti dari media online, cetak dan mudah-mudahan nanti Benuanta punya TV (Televisi) juga,” ujar pria ramah ini.

JUARA : Wakapolda Kaltara bersama Kombes Pol Faizal saat menjuarai turnamen sepak bola di Kaltara, beberapa waktu lalu.

Ia berharap Polda Kaltara bisa memberikan yang terbaik bagi warga Kaltara. Begitu juga dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital lebih meningkatkan kinerja bagi masyarakat yang membutuhkan pengamanan. “Harapannya juga untuk teman-teman media tetap menjadi penyeimbang, dan kontrol dalam kinerja kepolisian. Serta menjadi salah satu yang menyediakan situasi kondusif dalam pemberitaan-pemberitaan yang bagus,” tegasnya.

Dilanjutkan Faizal, mayarakat Kaltara bisa dibilang miniaturnya Indonesia. Sebab, penduduk yang ada di Kaltara tak hanya dari satu suku melainkan dihuni berbagai suku dari seluruh Indonesia. Meski begitu, suasana harmonis dan saling menghormati selalu tercipta dan berjalan baik. Maka dari itu, ia pun terkesan dengan penduduk asli Kaltara yang sangat terbuka dan menerima penduduk pendatang di Kaltara. “Pendatang-pendatang di sini (Kaltara) sangat menghormati orang di sini,” singkatnya.

Lima kabupaten/kota Kaltara, Tarakan merupakan salah satu daerah yang menurutnya sangat lengkap. Hal tersebut dilihat dari unsur-unsur pengamanan dan pertahanan yang ada di Tarakan. Itu juga tidak terlepas dari posisi Kaltara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia. Meski demikian, pesatnya perkembangan Tarakan juga dikarenakan penduduk Tarakan yang rukun dan saling menghargai.

“Perkembangan itu juga dari masukan yang diberikan masyarakat kepada kepolisian maupun pemerintah. Begitu juga dengan kontrol sosial yang diberikan media, karena media bisa mencangkup semua aspek salah satunya sebagai penyeimbang,” tandasnya.

Diceritakannya, saat pertama kali berdinas di Tarakan Direktorat Pengamanan Objek Vitak Polda Kaltara memfokuskan pengamanan pada Pertamina. Sebab, Pertamina merupakan salah satu objek nasional yang sangat vital. Meski begitu, pihaknya juga tidak tinggal diam bila ada permintaan pengamanan dari perusahaan lain yang membutuhkan.

“Pada dasarnya kami juga meneruskan apa yang telah dikerjakan Polda Kaltim terdahulu. Cuma ada beberapa kekurangan dari pendahulu kami lalu kami benahi. Salah satu kekuranganya karena kontrolnya jauh jadi lumayan susah. Sekarang sudah tidak lagi, jika ada perusahaan yang meminta pengamanan anggota langsung turun melakukan tugasnya,” tuturnya.

Ia akan melaksanakan serah terima jabatan di Polda Kaltara pada 1 November 2019 dan melanjutkan tugas di Polda Sultra sebagai Direktur Lalu Lintas di Kendari. Sebelum bergabung di Polda Kaltara, Kombes Pol Faizal bertugas di Polda Jabar sebagai Wakil Direktur Lalu Lintas, pada 2017. Setelah itu melanjutkan tugas di Polda Kaltara pada 2018 sebagai Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Kaltara. (*)

Daftar Riwayat Hidup Kombes Pol Faizal SIK, MH :

 

N A M A               :               FAIZAL, S.I.K., M.H.

PKT/NRP              :               KOMBES POL / 75040498

JABATAN             :               DIRPAMOBVIT POLDA KALTARA (PERPOL 14)

 

DIKPOL:

AKABRI                1996          87

PTIK                     2005             29

SESPIM                2010           17

 

KECAKAPAN BAHASA

BAHASA ASING  INGGRIS PASIF

 

BAHASA DAERAH BUGIS AKTIF, JAWA AKTIF, SUNDA AKTIF

 

RIWAYAT JABATAN:

01-01-1997          PAMAPTA POLRES KLATEN POLDA JATENG

01-09-1998          KABAG BINOPS LANTAS POLRES KLATEN POLDA JATENG

01-09-2000          WAKASAT LANTAS POLRES KLATEN POLDA JATENG

30-06-2001          KASAT LANTAS POLRES BATANG POLDA JATENG

15-09-2003          KASAT LANTAS POLRES PATI POLDA JATENG

01-01-2005          KAPOLSEK PAMEUMPEU

01-12-2005          KASAT LANTAS POLRESTA TASIKMALAYA POLDA JABAR

13-06-2006          KASAT LANTAS POLRESTA BOGOR POLDA JABAR

18-06-2008          WAKAPOLRESTA SUKABUMI POLDA JABAR

09-09-2008          KASUBBAG LANTAS POLWIL BOGOR POLDA JABAR

23-10-2008          WAKAPOLRES BANDUNG POLDA JABAR

19-08-2009          WAKAPOLRES CIMAHI POLDA JABAR

01-04-2010          PAMEN POLDA JABAR (DLM RANGKA DIK SESPIM)

06-10-2010          PAMEN POLDA JATENG

04-01-2011          KASUBBID PENMAS BIDHUMAS POLDA JATENG

31-10-2011          KASUBDITKAMSEL DITLANTAS POLDA JATENG

19-09-2012          KASATLANTAS POLRESTABES SEMARANG POLDA JATENG

30-08-2013          KAPOLRES KEBUMEN POLDA JATENG

31-12-2015          KAPOLRES KLATEN POLDA JATENG

23-09-2016          WAKAPOLRES METRO JAKBAR POLDA METRO JAYA

13-01-2017          WAKADEN PJR DENWAL KORLANTAS POLRI

02-03-2017          WADIRLANTAS POLDA JABAR

08-04-2018          DIRPAMOBVIT POLDA KALTARA

 

TANDA JASA:

SL KESETIAAN 8 TH

 

Reporter : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed