KNPI adalah Laboratorium Kader

Pelantikan DPD KNPI Kaltara Sepaket dengan Peringatan HSP

TARAKAN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kaltara hari ini, Senin 28 Oktober 2019, menjalani pelantikan, setelah sebelumnya menggelar rapat terakhir di Kantor Gubernur Kaltara, Selasa (22/10/2019) kemarin.

Pelantikan ini bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019. Sehingga selain pelantikan DPD KNPI Kaltara, juga digelar peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2003 votes

“Kami sengaja memilih tanggal 28 Oktober karena tanggal tersebut merupakan momen bersejarah bagi pemuda Indonesia. Sehingga kegiatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dirangkai dengan hari pelantikan pengurus DPD KNPI Kaltara periode 2018-2021,” terang Ketua DPD KNPI Kaltara, Komarudin, S. Kom, M.H.

Baca Juga :  FLASH NEWS! Warga Juata Laut Temukan Mayat Diduga Gantung Diri

Setelah nantinya kepengurusannya resmi dilantik, DPD KNPI Katara akan menggebrak para pemuda dengan berbagai kegiatan kepemudaan. Mulai dari dialog kepemudaan, pelatihan kepemimpinan kepemudaan, kegiatan sosial di masyarakat, dan kegiatan kepemudaan lainnya di Provinsi Kaltara. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara bertahap di 5 kabupaten kota di Kaltara.

“Selama ini faktor penggerak para pemuda di Kaltara untuk aktif berorganisasi masih kurang. Karena itu melalui DPD KNPI kita coba menghubungkan kembali dan berkreasi dengan pemuda-pemuda daerah, untuk membuat kegiatan-kegiatan yang bersifat positif dan konstruktif (membangun) demi kemajuan pemuda di Kaltara,” ujar Komarudin.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Bakal Alihkan Perawatan Taman Tugu 99 ke Bandara Juwata

Menurutnya, pemuda berperan penting sebagai penerus tombak kepemimpinan di masa depan. Termasuk di Tarakan, di mana saat ini sudah ada Karateker yang dibentuk untuk mempersiapkan musyawarah daerah (musda) untuk melahirkan ketua definitif KNPI Tarakan.

Ia juga berharap, kedepannya DPD KNPI Kaltara bersama-sama dapat membangun pemuda di Provinsi Kaltara. Karena banyak dari KNPI dilahirkan tokoh-tokoh pemuda daerah maupun nasional. Karena KNPI sebenarnya adalah laboratorium kader, untuk melaksanakan kegiatan pengkaderan dan menciptakan generasi-generasi kedepan yang siap untuk diproyeksikan menjadi seorang pemimpin.

“Saya berharap kepada semua elemen pemuda yang ada di Kaltara, marilah kita berhimpun di KNPI dan bersama kita melaksanakan tugas pokok dan fungsi. Agar nantinya kita dapat menjadikan para pemuda pemudi Kaltara menjadi lebih baik lagi dan memberikan banyak aspek yang bermanfaat terhadap pemerintah juga masyarakat di Kaltara. Marilah kita tingkatkan kontribusi, karya dan prestasi bersama,” ajak Komarudin.

Baca Juga :  Libur Lebaran 2024 Telah Usai, Pj Wali Kota Sidak Pegawai Pemkot di Hari Pertama Kerja

Kegiatan pelantikan akan berlangsung setelah kegiatan upacara Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Semua unsur pengurus KNPI di 5 kabupaten kota di Kaltara diundang untuk hadir dalam pelantikan tersebut.(*)

 

Reporter : Renaldo Stefan

Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *