oleh

Bangun Budaya Kesehatan Sejak Dini melalui UKS

NUNUKAN – Keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diharapkan dapat berperan membantu pemerintah daerah dalam membangun kesehatan. Oleh sebab itu, peran pembina UKS sangat penting dalam menggiatkan kembali UKS di Nunukan.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kabupaten Nunukan, Muhammad Amin, SH mengatakan, dengan keberadaan UKS diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masayarakat dengan menanamkan budaya hidup sehat sejak dini.

“Pemerintah daerah sangat mendukung dalam upaya mengaktifkan kembali UKS yang ada sekolah. UKS ini adalah salah satu wadah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak sekolah dalam hal meningkatkan derajat kesehatan,” kata Amin kepada benuanta, Rabu 9 Oktober 2019.

Menurutnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus mendorong dengan upaya mengaktifkan kembali UKS tersebut dengan Dinas Kesehatan berdasarkan fungsi kesehatannya. Dengan adanya kolaborasi kedua dinas tersebut, ia percaya UKS bisa diaplikasikan dan bisa bermanfaat bagi sekolah maupun masyarakat setempat.

Saat ditanyakan mengenai fasilitas yang disiapkan dalam menunjang UKS oleh pemerintah daerah, menurut Amin, ruang khusus UKS tergantung perencanaan sekolah. “Menurut saya sepanjang masih ada ruangan atau tempat-tempat yang masih bisa dipakai di area sekolah, mengapa tidak dimanfaatkan,” ungkap Amin.

Tak hanya itu, menghidupkan peran UKS, Tim Pembina UKS di tingkat kabupaten maupun kecamatan memegang peranan penting. Tim Pembina UKS harus duduk bersama dan berkoordinasi untuk mencari solusi menggairahkan UKS di setiap sekolah.

Inovasi dan kreativitas Tim Pembina UKS dalam menyusun program juga sangat diperlukan. Hal itu agar UKS tidak hanya sekadar membuat kegiatan. Lebih dari itu, pengurus harus mampu mencari terobosan baru dalam memajukan kegiatan UKS yang pada akhirnya mampu memberikan hasil nyata bagi kesehatan anak-anak di sekolah dan masyarakat Nunukan umumnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun kesehatan masyarakat melalui budaya sehat sejak dini. “Kami dari pemerintah daerah sangat mengharapkan sekolah-sekolah yang masih kurang aktif atau kah tidak aktif untuk kembali menghidupkan UKS. Karena manfaat UKS di sekolah ini sangat baik sekali,” jelasnya.

UKS adalah salah satu wadah bagi siswa untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif. Karena itu pembinaaan UKS perlu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi hal-hal negatif.

“Jangan sampai kita menciptakan generasi yang lemah, yang rusak moral karena narkoba yang kian memprihatinkan. Ini perlu kita perhatikan untuk mejaga anak-anak kita tidak terjerumus,” imbuhnya. (*)

 

Reporter : Darmawan
Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed