oleh

PAN Buka Peluang Non Kader untuk Penjaringan Calon

TARAKAN – Partai Amanat Nasional (PAN) masih belum bisa menentukan adanya kader untuk maju dalam Pilkada 2020 mendatang, tak terkecuali untuk daerah Kaltara. Selain itu, dalam pemilu 2019 lalu, PAN hanya mendapat 2 kursi di DPRD Provinsi.

Hal itu yang membuat PAN harus berkoalisi untuk memenuhi syarat pengusungan. “Jadi harus ada 5 kursi untuk melakukan pengusungan, jadi kami harus memenuhi syrat tersebut,” kata Asnawi Arbain M.Hum, Ketua DPW PAN Kaltara, Selasa (3/8) kepada benuanta.co.id.

Kemudian, dirinya mengungkapkan bahwa kader PAN yang ingin mendaftar untuk maju tidak menjadi persoalan. Lantaran PAN akan bersifat profersional dalam menentukan paslon yang akan diusung. “Jadi dari luar kader maupun kader nanti akan diseleksi oleh tim penjaringan, yang data tersebut akan diserahkan kepada DPP pusat,” terangnya.

Baca Juga :  Terjadi Kekosongan Ketua, DPC Hanura Bulungan Lakukan Muscablub

Tidak hanya itu, Asnawi menjelaskan saat ini tidak ada arahan dari PAN pusat untuk mewajibkan kader maju dalam Pilkada. Karena menurutnya, itu menjadi persoalan lain, ketika PAN menjadi partai pemenang dalam pemilu lalu, kemungkinan itu akan diambil.

“Tapi saat ini PAN masih kekurangan 3 kursi untuk menunjuk itu, makanya PAN harus berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat tersebut,” tuturnya.

Baca Juga :  Konsolidasi DPD PAN Mulai Lengkapi Perangkat Mesin Politik di Kaltara  

Lanjutnya, sejauh ini belum adanya paslon yang mendekati PAN secara komunikasi untuk pengusungan. Menurutnya, saat ini para kandidat yang akan bertarung dalam pilkada nantinya masih belum terlihat secara langsung.

“Saat ini kan, para kandidat masih wait and see, yang dimaksud masih menunggu dan melihat situasi yang memungkinkan, kayaknya ramainya akan terjadi di akhir tahun,” jelasnya.

Baca Juga :  Demokrat Kaltara Gelar Doa Bersama untuk Kesembuhan SBY

Rencananya penjaringan yang dilakukan partai PAN akan panjang. Dari hasil yang diketahui, pendaftaran untuk bakal calon (Balon) itu akan dibuka KPU pada Juni mendatang.

“Kalau memang seperti itu, dari pengalaman sebelumnya bahwa penutupan penjaringan PAN akan dilaksanakan sebulan sebelum pendaftaran di KPU,” tukasnya.(*)

 

Reporter : Rico Jeferson

Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *