oleh

Habis Disekolahkan, Dosen Poltek Nunukan Diputus Kontrak Lewat WhatsApp

NUNUKAN – Akibat defisit anggaran, manajemen Pendidikan di Luar Domisili Politeknik Negeri Nunukan (PDD Poltek Nunukan) melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap beberapa dosen tetap dan staf politeknik.

Saat dikonfirmasi, salah satu dosen yang di-PHK, Ekasisca Contesa, ST, M.Eng mengatakan, statusnya di PDD Poltek Nunukan belum bisa dibilang sebagai dosen tetap, namun ia telah aktif mengajar sejak tahun 2019. Yang mana sebelumnya Ia adalah salah satu dosen yang disekolahkan dengan biaya dari PDD Poltek Nunukan, dengan hibah dana dari Pemerintah Daerah Nunukan.

“Karena disekolahkan, saya otomatis menuntut kontrak, pada akhir tahun 2018 lalu saya datang meminta untuk dibuatkan kontrak sebagai dosen tetap. Namun selalu diulur-ulur, sempat dijanjikan mulai Januari hingga Februari, setelah itu diulur lagi hingga Juni dan begitu terus,” kata Dosen Teknik Sipil ini kepada benuanta.co.id, Selasa (21/1/2020).

Lanjutnya, pada 1 Oktober 2019 dikeluarkan Surat Keputusan (SK), namun SK itu tidak dicantumkan nomor surat. Ia pun sudah menandatangani dan diberi materai dan akan dikirim ke Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) untuk diproses di sana. Namun saat sampai di sana SK tercecer dan diminta kembali untuk melakukan penandatanganan ulang. Setelah ditandatangani ulang pada November 2019, namun pada Desember ia menerima surat pembatalan kontrak.

“Ini saya seperti dipermainkan, padahal ini ‘kan insitusi pendidikan, harusnya hal seperti ini kita anggap serius. Dosen yang disekolahkan itu adalah aset bagi kampus, semestinya begitu, jangan hanya mengatakan devisit atau sebagainya. Ada baiknya aset ini dulu yang dijaga, karena Sumber Daya Manusia (SDM) inikan untuk perkembangan Politeknik kedepan yang lebih baik,” bebernya.

Ekasisca Contesa ini dikuliahkan sejak tahun 2015, namun ia kembali ke Nunukan dan aktif mengajar di akhir 2018. Ia menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan jurusan teknik sipil.

“Saya ‘kan bertanya bagaimana dengan gaji saya sebagai dosen tetap, apakah sudah bisa keluar selama 3 bulan terakhir ini. Namun yang saya terima malah screenshot (melalui WhatsApp) surat pembatalan kontrak dari staf kepegawaian PDD Poltek Nunukan,” tuturnya. (*)

 

Reporter Darmawan

Editor: M Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed