oleh

Buat Dokumen Kependudukan, Warga Tidak Perlu Datang ke Disdukcapil

TARAKAN – Era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang. Di era revolusi industri ini terkait semua hal tentang kecepatan informasi dan perkembangan teknologi. Sehingga semua pihak harus bisa menyesuaikan agar tidak ketinggalan zaman. Salah satunya seperti yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tarakan.

Disdukcapil Kota Tarakan telah menerapkan pelayanan dengan program terintegrasi sejak pertengahan tahun 2019 ini. Pelayanan ini meliputi pembuatan kartu keluarga, akta kelahiran, kartu identitas anak dan sebagainya. Pelaksanaan program integrasi ini adalah bagian dari manifestasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan.

Disdukcapil Kota Tarakan menamakan program ini Smart Shortcut. Yakni tata cara pendaftaran serba online yang dapat memudahkan masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga dan dokumen kependudukan lainnya.

Masyarakat yang ingin membuat akta kelahiran misalnya, cukup mengirimkan foto syarat-syarat pembuatan yang telah ditentukan petugas Disdukcapil melalui WhatsApp (WA). Setelah selesai, pendaftar akan diberitahu untuk datang ke Disdukcapil mengambil.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tarakan, Hamsyah mengatakan, pemohon yang mau bikin akta kelahiran cukup kirim data-datanya lewat WA. “Setelah selesai bukan cuma akta yang dia dapat, tapi Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak,” jelasnya.

“Jadi masyarakat yang mau buat Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA) tidak perlu lagi sering ke sini (Disdukcapil),” tambah Hamsyah.(*)

 

Reporter : Herdiyanto Aldino Bachri

Editor      :Editor : M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed