oleh

Pembahasan UMK Nunukan Ditarget Kelar 13 November

NUNUKAN – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah menetapkan Upah  Minimum Provinsi (UMP) tahun 2020 sebesar Rp. 3.000.804. Sementara Pemerintah Kabupaten Nunukan belum mengumumkan besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Nunukan 2020.

Rencananya UMK Nunukan 2020 baru akan diumumkan pada 13 November 2019 mendatang. Diketahui, kenaikan UMP dan UMK tahun 2020 berdasarkan data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 8,52 persen.

Kasi Persyaratan Kerja dan Kesejahteraan Pekerja Disnakertrans Kabupaten Nunukan, Moh. Delvian N. M, S.Sos mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan dan beberapa survei yang menjadikan acuan untuk melakukan penetapan UMK Nunukan.

UMK Nunukan tahun 2019 sebesar Rp 2. 841.381, lebih besar dari pada Kaltara yang hanya Rp. 2.765.463. Namun saat ini belum diketahui berapa besar UMK Nunukan tahun 2020. “UMK di Nunukan diperkirakan lebih besar dari pada UMP provinsi,” kata Delvian kepada benuanta.co.id, Jumat (8/11/2019).

Pembahasan akan dilakukan pekan depan, diperkirakan pada 12 atau 13 November 2019 penyelesaian surat keputusan (SK) oleh dewan pengupahan.

Dalam pembahasan tersebut juga terlibat dari perusahaan yang ada di Kabupaten Nunukan, Badan Pusat Statistik (BPS) Nunukan, Apindo, akademisi, usaha mikro kecil menengah (UMKM)  dan instansi yang terlibat di dalamnya.

Perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan dan pertambangan agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Karena diketahui kenaikan harga barang berpengaruh besarnya biaya transportasi. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor : M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed