oleh

Gerakan Sedekah Jumat ala SMP 9 Tarakan

TARAKAN – Gerakan Sedekah Jumat merupakan gagasan SMP Negeri 9 Tarakan dalam upaya memberikan edukasi kepada para siswa dan siswi mengenai arti penting berbagi dengan sesama. Dalam kegiatan ini para siswa beserta guru menyediakan dan sekaligus membagikan kue secara gratis kepada siapapun yang melintas di depan sekolah.

Kepada benuanta.co.id, Kepala SMP 9 Tarakan Samsul menjelaskan, kegiatan sedekah Jumat ini sudah menjadi rutinitas yang dilakukan pihak sekolah setiap hari Jumat dan telah berlangsung selama kurang lebih 2 bulan terakhir ini.

Sedangkan sumber dana untuk pelaksanaan kegiatan ini berasal dari sumbangan seikhlasnya yang diberikan oleh para siswa dan seluruh tenaga pengajar yang berada di lingkungan sekolah. Bahkan ada juga sumbangan yang berasal dari alumni SMP 9.

“Kami menerima sumbangan dari tiap-tiap kelas, guru-guru dan juga beberapa dari alumni,” jelasnya.

Samsul mengungkapkan, uang hasil sumbangan yang telah terkumpul kemudian digunakan untuk membelanjakan berbagai jenis kue yang nantinya akan dibagikan kepada siapun yang ingin menikmatinya.

Namun saat hasil sumbangan yang diperoleh pihak sekolah itu cukup besar, maka pihak sekolah biasanya membelikan nasi kotak.

“Pernah saat itu uang yang kita peroleh mencapai Rp 2 juta. Sehingga kami memutuskan untuk membelikan nasik kotak dan membagikannya di lampu merah simpang Intraca,” ujarnya.

Seusai melakukan pembagian makanan, pihak sekolah juga mengajak seluruh siswa untuk meningkat ketakwaannya sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

Di mana siswa yang beragama Nasrani melalukan ibadah di dalam ruangan dan siswa yang beragama muslim melakukan Salat Duha secara berjemaah di lapangan sekolah.

Samsul berharap agar kegiatan ini dapat terus berjalan sehingga para siswa SMP 9 ini dapat memiliki jiwa sosial yang tinggi, serta menjadi siswa yang beriman serta bertakwa. (*)

Reporter : Abdul Muhammad Rachman Tihan
Editor : M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed