oleh

Angin Puting Beliung Rusak Rumah Warga Desa Putat

MALINAU – Angin puting beliung merusak beberapa rumah warga dan fasilitas desa seperti Kantor Desa Putat Kecamatan Malinau Utara dan perpustakaan sekolah, Kamis sore kemarin (7/11/2019). Kejadian ini juga mengakibatkan salah satu warga bernama Fila yang berusia 9 tahun mengalami musibah namun dapat tertolong.

Berawal dari suara Guntur, lalu hujan sekitar pukul 16.00 Wita yang diikuti dengan angin kencang sampai rumah-rumah warga mulai atap hingga dinding berbunyi. Seperti biasa, hampir setiap sore anak-anak bermain di halaman balai adat. Saat itulah salah satu anak tertimpa balok dan papan rumah yang terhempas akibat tiupan angin kencang. Beruntung anak tersebut dapat tertolong dan segera dibawa ke rumah sakit.

Selama kejadian, sebagian warga bersembunyi di dalam rumah, namun ada juga yang berusaha membantu warga lain yang terkena musibah. Angin mulai reda sekitar pukul 18.00 Wita.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Dr. Ernes Silvanus, S.Pi., MM bersama Asisten I Malinau Drs. H. Edy Marwan M.Si langsung meninjau warga yang terkena musibah. Ernes menyampaikan, sejak kejadian kemarin sore tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah hadir dan melihat kondisi lapangan.

“Tim BPBD juga sudah mengevakuasi salah satu korban anak-anak ke rumah sakit karena tertimpa bahan bangunan yang terkena angin,” ucapnya yang juga didampingi beberapa kepala OPD yang berkunjung ke lokasi kejadian.

Pemkab Malinau melalui Sekda Ernes menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dengan kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini. Kejadian ini termasuk baru pertama kali terjadi di Desa Putat.

“Bapak Bupati (Dr. Yansen TP, M.Si) tadi juga sudah memerintahkan staf termasuk kami untuk segera menginventarisir rumah-rumah yang terkena musibah untuk segera dibantu,” ungkapnya.

Sekda Ernes juga berharap masyarakat bisa saling bahu membahu membersihkan kayu-kayu yang sudah tumbang. Tampak juga beberapa rumah yang sudah dikerjakan kembali oleh pemilik rumah.

“Semoga hari ini data bisa masuk dan segera kita bantu seperti bantuan seng untuk rumah-rumah yang tertimpa musibah dan bantuan lainnya,” ujarnya.(hms/kal)

*Artikel ini telah tayang di fanpage Humas Malinau

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed