oleh

SMPN 9 Tarakan Gelar Sehari Belajar di Luar Kelas

TARAKAN – SMPN 9 Tarakan menggelar kegiatan sehari belajar di luar kelas. Hal itu merupakan salah satu program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) untuk mewujudkan sekolah ramah anak (SRA).

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hal-hal yang membahayakan anak saat berada di lingkungan sekolah. Beberapa diantaranya adalah makanan tidak sehat, asap rokok, NAPZA, dan kekerasan fisik.

Kepala Sekolah SMPN 9 Tarakan, Samsul menjelaskan program sehari belajar di luar kelas ini terdapat 17 item agenda yang menjadi acuan dalam proses pelaksanaannya. Dimulai dari memasuki gerbang sekolah hingga berada di dalam lingkungan sekolah.

“Kegiatannya itu ada senyum salam sapa, menyanyikan lagu Indonesia raya, makan bersama di lapangan dan lain sebagainya,” ujar Samsul.

Samsul menambahkan, bahwa tujuan dari pihak sekolah dalam melaksanakan program ini adalah untuk mengedukasi para siswa tentang penguatan pendidikan karakter, dan galakan literasi nasional untuk peningkatan moral, serta pengetahuan dari para siswa kedepannya.

Sehingga diharapkan para siswa SMPN 9 ini seluruhnya dapat menjadi siswa yang berakhlak baik dan memiliki wawasan yang luas.
Sementara itu dalam kegiatan ini juga pihak sekolah kembali memperkenalkan berbagai permainan tradisionalyang sudah mulai ditinggalkan oleh siswa zaman sekarang.

Dimana para siswa saat ini lebih memilih untuk bermain game online dan berbagai media sosial yang justru lebih banyak membawa pengaruh yang buruk terhadap mereka.

“Disini kita bersama para siswa akan melakukan berbagai permainan tradisional untuk mengedukasi bahwa permainan tradisional juga tidak kalah menarik dibandingkan gadget,” tutup Samsul. (*)

Reporter : Rachman
Editor : Nicky Saputra

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed