oleh

Perlu Resiliensi Terhadap Bahaya Narkoba

Dukungan sekolah adalah pada peran sekolah dalam merancang program dan kegiatan praktik sekolah yang menarik. Hal ini menjadi menantang saat akan diintegrasikan dengan kurikulum yang dipakai di sekolah. Peran dan fungsi guru agar banyak memberikan pendampingan dalam memberikan bimbingan, motivasi dan menantang siswanya untuk berprestasi sekaligus meningkatkan prestasi.

Sementara lingkungan masyarakat yang dapat mendukung resiliensi adalah lingkungan masyarakat yang memiliki karakteristik suasana penuh kehangatan, komunikasi yang baik,  dukungan yang positif dalam membantu remaja.

Dengan mempelajari data bahwa yang menjadi pemakai dan pengedar termasuk kurir sabu dari segala umur, maka resiliensi ini tidak hanya dibutuhkan oleh remaja saja tetapi juga semua kalangan umur khususnya dewasa. Bila demikian kiranya peran lingkungan menjadi sangat sentral dalam hal ini menggantikan peran sekolah.

Dalam hal ini maka menurut hemat penulis peran guru di masyarakat lah yang perlu diperkuat. Sementara peran guru masyarakat ini mungkin bisa berasal dari masyarakat  terdidik yang sadar bahaya narkoba yang peduli dalam wadah. Misalnya masyarakat peduli narkoba atau yang lain.

Organisasi profesi dari lintas bidang seperti kesehatan dan psikologi bersama dengan organisasi masyarakat (ormas) yang ada bisa memberikan kontribusi untuk memperkuat resiliensi masyarakat terhadap bahaya narkoba ini. Semoga.(*)

*Penulis adalah PNS di Dinas Kesehatan Kota Tarakan yang sedang mengikuti Pendidikan Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Airlangga Surabaya

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed