oleh

Tak Dimusnahkan, Gerobak yang Diangkut Satpol PP Dapat Diambil Pemiliknya

TARAKAN – Gerobak-gerobak jualan yang diangkut Satpol PP Tarakan, belum lama ini tidak dimusnahkan. Pemilik gerobak dapat mengambil kembali di Kantor Satpol PP Tarakan.

Kepala Seksi (Kasi) Operasi Satpol PP Tarakan, Marzuki mengatakan gerobak yang saat ini diamankan petugas di kantor Satpol PP tidak dimusnahkan.

Bahkan dapat diambil oleh pemiliknya, dengan catatan pemilik mendapatkan surat pernyataan agar tak mengulangi lagi.

“Boleh diambil, hari ini (Rabu) sudah ada 1 yang mengambil gerobaknya.,” ujar Marzuki kepada Benuanta.co.id, Rabu (9/10).

Kendati gerobak hanya diamankan sementara waktu, tanpa sanksi. Marzuki pun mengatakan jika gerobak tersebut sudah 3 kali diangkut oleh petugas baru akan dilakukan tindakan lebih lanjut berupa sanksi perdata, dengan denda Rp5 juta.

“Waktu pengambilan gerobak juga tidak lebih dari seminggu atau sampai berbulan-bulan. Karena pasti sudah hancur ya. Kita minta juga agar pemilik segera mengambil, nanti menghadap ke perundang-undangan, penyidik,” katanya.

Mengenai operasi yang dilakukan, petugas Satpol PP sebelumnya juga berkoordinasi dengan kelurahan untuk menyampaikan ke RT, lalu diteruskan ke warga yang berjualan melanggar ketertiban agar mengindahkan Perda tersebut.

“Jika ada yang sudah kita tempel stiker pelanggaran, terus kita lihat situasi juga. Misalnya ketika dia berjualan kita tidak angkut. Kita beri arahan. Tapi kalau masih bandel, gerobaknya masih standbye pagi siang malam, kita angkut ketika dia pas tidak buka,” tutupnya.

Diwartakan sebelumnya, petugas yang melakukan penindakan tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Tarakan, pasal 18 ayat 2 yang menyatakan bahwa Gerobak-gerobak, meja, kursi, dan lainnya yang dipergunakan berdagang dan ditinggalkan ditrotoar, pinggir jalan, di depan bangunan atau peralatan parkir akan dianggap sebagai sampah dan selanjutnya akan dimusnahkan. (*)

Reporter : Yogi Wibawa
Editor : Nicky Saputra

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed