oleh

Polda Papua Pantau Pergerakan KKB Ilaga

Timika – Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw menegaskan bahwa jajarannya terus memantau pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang selama ini selalu melakukan teror penembakan di Ilaga, ibukota Kabupaten Puncak.

Kepada awak media di Timika, Rabu, Irjen Waterpauw mengatakan berdasarkan laporan yang diterima diketahui bahwa KKB di Ilaga tersebut kini tidak lagi berada di wilayah tersebut.

“Kami terus memantau pergerakan mereka, sebab mereka sekarang tidak ada lagi di Ilaga,” katanya.

Kapolda mengatakan Pemkab Puncak melalui Bupati Willem Wandik telah berupaya melakukan kontak dengan kelompok separatis bersenjata itu guna mengetahui apa motif mereka melakukan serangkaian aksi teror penembakan yang menewaskan dua orang tukang ojek dan seorang penjaga kios di dekat Bandara Ilaga belum lama ini.

Aksi teror penembakan yang dilakukan KKB Ilaga itu, katanya, atas desakan dari pimpinan kelompok separatis bersenjata di Papua dengan memanfaatkan momentum sidang Dewan Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB di New York, Amerika Serikat baru-baru ini.

“Informasinya, mereka mendapat tekanan bahwa di daerah lain seperti Jayapura dan Wamena sudah ada kejadian, mengapa kelompok di Ilaga hanya diam-diam saja,” jelas Irjen Waterpauw.

Atas dasar pesanan pimpinan tersebut, katanya, KKB Ilaga melakukan serangkaian aksi kekerasan seperti pembakaran kios, gedung sekolah yang sudah tidak digunakan dan beberapa honai.

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed