oleh

Kadisdikbud Tarakan Siap Terapkan Revolusi Industri 4.0 di Bidang Pendidikan

TARAKAN – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tarakan, Drs Tajudin Tuwo, M.Si mengatakan siap menerapkan beberapa program Kemendikbud RI, salah satunya penggunaan aplikasi belajar online gratis yang rencananya akan digunakan tahun 2020 ini.

“Itu (aplikasi belajar) seiring juga dengan visi misi walikota mengenai Smart City, kita mendukung untuk diterapkan di Tarakan,” ujar Drs. Tajudin Tuwo, M.Si kepada Benuanta.co.id.

Aplikasi rumah guru yang berupa pembelajaran online yang dibuat oleh Kemendikbud, dan digadang-gadang mampu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bimbingan belajar (bimbel) secara cuma-cuma secara online lewat rumah. Sedangkan untuk menjalankan program tersebut. Sejauh ini kata dia, baru dua sekolah yang mendapatkan Bos Kinerja pada tahun lalu. Namun hingga saat ini, bantuan tersebut belum direalisasikan

“SMP 2 ada pembelian Tab kurang lebih ada 300 unit yang diperuntukan bagi siswa, kemudian SDN 007 juga ada. Tapi itu belum terlaksana ya, insyallah tahun 2020 ini bisa dibelanjakan, sambil menunggu petunjuk teknis dari pusat. Bos Kinerja itu sekolah yang mendapatkan nila rata-rata baik, tahun ini baru dua sekolah itu,” katanya.

Jika hal tersebut direalisasikan kepada siswa sebagai cerminan era industri 4.0 untuk pembelajar menggunakan teknologi. Praktis, penggunaan buku belajar pun semakin ditinggalkan sekolah. “Iya makanya sekarang penjualan buku di sekolah kepada siswa, kami larang. Kecuali yang memang penting, dan juga yang menjual harus menyampaikan ke kita dulu,” tutupnya. (*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor : Nicky Saputra

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed