oleh

MUI Haramkan Genarasi Muda Islam Rayakan Hari Valentine

TARAKAN – Hari valentine yang biasanya diperingati setiap 14 Februari, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tarakan mengeluarkan fatwa haram untuk umat Islam. Sesuai dengan surat edaran MUI Tarakan nomor: 01/KF/MUI/TRK/2008 tentang hari valentine dan kegiatan perayaannya. Sebab menurut MUI, valentine bukan dari ajaran Islam dan bertentangan dengan agama Islam.

“Valentine day bagi umat Islam hukumnya haram meminta kepada semua pihak untuk menghentikan dan melarang kegiatan valentine day demi menyelamatkan generasi muda dari kehancuran moral dan peradaban,” ujar Ketua MUI Tarakan, K.H M.Anas kepada Benuanta.co.id.

“Sehubungan dengan menghadapi perayaan hari Valentine yang akan datang, yang secara syariah bertentangan dengan ajaran Islam, maka dengan hormat kami memohon untuk kepala sekolah atau ta’mir masjid dapat mengumumkan surat edaran yang dimaksudkan di sekolah atau masjid yang ada di wilayah,” sambungnya.

MUI mencermati semakin maraknya generasi muda umat Islam merayakan valentine day, yang digadang-gadang sebagian orang sebagai hari kasih sayang tersebut serta kegiatan yang bertentangan dengan ajaran Islam, ia mengimbau kepada masyarakat terutama generasi milenial seperti siswa SMP dan SMA agar melakukan hal yang lebih bermanfaat.

“Dari Dinas Pendidikan itu kan rata-rata memang anak muda, dari itu kita imbau. Memang budaya ini (valentine) merupakan budaya Eropa, seperti pergaulan bebas sangat bertentangan dengan ajaran Islam. Lebih baik jika kita memiliki kemampuan finansial kita bantu orang yang lebih membutuhkan, itu termasuk kasih sayang, dan masih banyak hal positif yang jauh lebih bermanfaat ya,” katanya.

Selain itu, peranan orang tua juga sangat penting bagi perkembangan anak agar tak terjerumus dalam pergaulan bebas. “Ya peran orang tua, kalau anaknya mau keluar rumah, harus ditanya mau kemana. Karena dalam seruan Al-Quran juga mengatakan, maka jagalah dirimu, jaga lah anak dan keluarga mu,” tutupnya. (*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor : Nicky Saputra

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed