oleh

Binmas Polda Kaltara Minta Polisi Dekat dengan Masyarakat

TANJUNG SELOR – Sebagai ujung tombak kepolisian, Direktorat Binmas berupaya mencegah agar tidak terjadi konflik di dalam lingkungan masyarakat. Terutama menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kaltara.

Sebelum meninggalkan Provinsi Kaltara untuk bertugas sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri, Kombes Pol. Drs. Mohammad Yamin Sumitra berpesan kepada penggantinya agar polisi itu tetap dekat dengan masyarakat.

“Saya minta polisi itu tetap dekat dan membantu masyarakat,” ucap Mohammad Yamin kepada benuanta.co.id, Jumat 14 Februari 2020.

Terlebih Provinsi Kalimantan Utara akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, baik Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kaltara, serta Bupati dan Wakil Bupati di 4 kabupaten. Di antaranya Bulungan, Nunukan, Tana Tidung dan Malinau.

“Jika kita dekat secara otomatis masyarakat bersimpati untuk membantu tugas kepolisian dalam memelihara dan menjaga Kamtibmas,” jelasnya.

Kemudian kepada masyarakat dirinya berpesan, walaupun dirinya di Mabes Polri, tapi akan tetap memantau. Masyarakat Kaltara diminta memelihara keamanan, karena tak hanya tugas TNI Polri mengerjakan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata).

“Itu sesuai dengan UUD 1945 Pasal 30, kita sebagai warga negara Indonesia, memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam ikut serta menjaga pertahanan dan keamanan negara,” ujarnya.

Dirinya melihat selama ini kerukunan umat beragama, masyarakatnya dan lainnya di Kaltara sudah berjalan rukun dan damai. Terbukti pada pemilihan 2019 lalu, tidak ada gesekan.

Dirinya yakin tidak semua orang mempunyai pilihan yang sama, masing-masing orang memiliki pandangan berbeda soal politik. “Jangan mudah percaya hoaks karena itu bisa memecah kerukunan persatuan dan kesatuan kita,” bebernya.

Dia menambahkan, penggantinya akan lebih paham lagi soal perkembangan masyarakat. Karena selama ini sudah terbina sehingga tinggal meneruskan saja apa yang sudah ada. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed