oleh

Berhasil Tangani Sejumlah Kasus, Seluruh Polda Diminta Belajar ke Polda Kaltara

TANJUNG SELOR – Dalam penanganan beberapa kasus yang merugikan negara, Polda Kaltara menjadi salah satu polda percontohan bagi 32 Polda lain di Indonesia. Salah satu kasus yang disoroti oleh Kabareskrim adalah yang merugikan negara.

“Dalam video konferensi Kabareskrim, menyebutkan 2 Polda terbaik. Yakni Polda Kaltara dan satu polda di Jawa, itu dalam penanganan kasus yang jarang bisa diselesaikan,” ungkap Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Direktur Reskrimsus Polda Kaltara Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra kepada benuanta.co.id, Jumat 14 Februari 2020.

Kata dia, Ditreskrimsus tidak langsung melakukan tindakan hukum, tapi lebih kepada perbaikan pekerjaan. Salah satu kasusnya adalah PLTS di Data Dian Kabupaten Malinau. Walaupun sudah dilakukan penyelidikan tapi para kontraktornya masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki.

“Harus tunaikan kewajibannya supaya masyarakat mendapatkan manfaat. Saya tidak suka menghentikan pekerjaan tapi lebih baik ada lampu bagi masyarakat,” jelasnya.

“Pimpinan apresiasi kita, jangan sampai kayak proyek Hambalang terbengkalai. Apa untungnya perkara kita proses dan pekerjaan tidak jadi. Dengan ada perbaikan tapi prosesnya berjalan. Dia minta 3 bulan perbaiki kita beri 6 bulan selesaikan,” sambungnya.

Kemudian kasus yang jarang ditangani oleh Polda lain dan mendapatkan perhatian Kabareskrim, lalu diinstruksikan untuk diikuti seluruh Polda adalah pengembalian keuangan daerah, yakni Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Yang telah berhasil diselamatkan Polda hingga puluhan miliar.

“Jadi polda lain itu diperintahkan untuk mencontoh kita. Tidak mudah memang untuk menangani PBB, karena bukan kerugian tapi mengembalikan keuangan negara,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed