oleh

51 Personel Polda Kaltara Ikut Tes SIP, Hasilnya Diumumkan Pekan Depan

TANJUNG SELOR – Tahun ini Polda Kaltara menerima perwira dari jalur personel bintara, yakni Sekolah Inspektur Polisi (SIP). Di mana prosesnya telah berjalan hingga tahap akhir berupa tes kompetensi manajerial (TKM).

“Untuk hasilnya hari Senin depan akan diumumkan,” ungkap Karo SDM Polda Kaltara Kombes Pol I Wayan Gede Ardana melalui Kasubagdiapers Biro SDM Polda Kaltara AKP Awan Kurniawan kepada benuanta.co.id, Selasa 11 Februari 2020.

Tes ini untuk mengukur kemampuan seseorang dalam situasi tertentu. Konsep yang dikembangkan adalah kemampuan cepat, tepat, dan bertanggung jawab, dalam menentukan pilihan jawaban yang sifatnya lebih skala umum dan terperinci.

“Kita seleksi dari bintara menjadi perwira, jumlah peserta awal itu ada 95 orang, 92 polki dan 3 polwan,” ucapnya.

Setelah itu dilaksanakan tes psikologi, ternyata dari 95 orang ini gugur lagi sebanyak 36 orang. Hingga total bertahan sebanyak 59 orang dengan rincian 3 polwan dan 56 polki. Dari total itu lalu dilaksanakan tes kesehatan. “Setelah tes kesehatan menjadi 51 orang dengan 3 polwan dan 48 polki,” sebutnya.

Tak sampai pada tes itu, Biro SDM Polda Kaltara melanjutkan pada tes Samapta dan bela diri. Hasilnya memuaskan karena 51 orang ini tetap lolos semuanya. Lalu tes akhir dilaksanakan TKM, hanya saja hasilnya Belum keluar. “Kuotanya itu menunggu dari Mabes Polri,” bebernya.

Sedangkan untuk Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) itu pelamarnya 3 orang. Setelah dilakukan tes kompetensi keahlian aspek pengetahuan, nilainya tidak mencukupi. “Semuanya gugur, nilainya kecil yang menggunakan kuota seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dipastikan Polda Kaltara tahun ini tidak mengirimkan peserta untuk SIPSS. Tahun 2019 lalu sendiri pernah mengirimkan 2 orang, ternyata gugur di pusat yang tidak mencukupi dengan nilai dari seluruh Polda se Indonesia. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed