oleh

Petambak Bantah Harga Udang Merosot akibat Virus Corona

TARAKAN – Merosotnya harga udang secara signifikan tiap tahunnya, menggerakan petambak untuk sambangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tarakan, Senin 10 Februari 2020.

Perwakilan Petambak Udang Tarakan, Lukman Tamrin membantah penyebab merosotnya harga udang diakibatkan oleh ditutupnya akses ekspor ke luar negeri dikarenakan virus corona.

Baca Juga: Harga Udang di Tarakan Merosot Tajam, Petambak Mengadu ke Anggota Dewan

“Kami tidak menerima alasan turunnya harga udang diakibatkan oleh penyebaran virus itu, karena berdasarkan data yang kami peroleh tidak mengatakan demikian,” ujarnya kepada benuanta.co.id, usai menemui ketua DPRD Tarakan, Senin 10 Februari 2020.

Lukman menjelaskan, penurunan harga sudah terjadi setiap tahun sebelum tahun 2020. Sedangkan virus corona dan mengecilnya akses ekspor baru terjadi di tahun 2020.

Berdasarkan data yang diperoleh Lukman dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), jumlah penjualan perikanan ke luar negeri (ekspor) ke China hanya sebesar 1,8%, sementara ekspor amerika 69%, sisanya ke Jepang dan Eropa.

“Masih banyak akses ekspor selain ke negara China, jadi tidak mungkin alasannya karena eksistensi virus corona,” ungkapnya.

Akibat menurunnya harga udang, saat ini para petambak mengalami kerugian yang sangat besar. Jika dikalkulasikan seluruh biaya operasional tambak bisa mencapai Rp 10 jt, ketika panen dengan standar harga yang ada saat ini petambak hanya mendapatkan keuntungan sekitar Rp. 5 juta saja.

“Pengeluaran dan keuntungan sangat tidak masuk akal dan sangat merugikan bagi nelayan-nelayan kecil,” bebernya.

“Tadi kami telah bertemu dengan ketua dewan dan beliau (ketua dewan) siap untuk mengadakan pertemuan dengan anggota dewan Komisi II yang berhubungan dengan perikanan. Kami juga berharap setiap dinas-dinas terkait bisa hadir dan memberikan penjelasan,” tutupnya.(*)

 

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed