oleh

Antisipasi Banjir Kiriman di Bulungan, Ini yang Mesti Dilakukan

TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan dengan kondisi geografis yang luas, memiliki beragam persoalan kebencanaan. Selain kebakaran dan kekeringan, Bulungan juga rentan terjadi banjir.

Tercatat beberapa kecamatan kerap menjadi langganan banjir. Di antaranya Kecamatan Tanjung Palas Timur, Peso, Peso Hilir hingga Tanjung Palas dan Tanjung Selor. Semua banjir terjadi berasal dari hulu Sungai Kayan.

“Untuk menghadapi banjir, kita sudah menghubungi teman-teman di hulu seperti Pujungan, terus Sungai Bahau dan Sungai Boh agar memberikan informasi terkait kondisi air di sana,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Bulungan Fatokah kepada benuanta.co.id.

Pentingnya informasi ini supaya bagian hilir sudah ada persiapan sebelumnya. Banjir dari Pujungan ke Peso memakan waktu 2 hari 2 malam, kemudian dari Peso menuju ke Tanjung Selor butuh waktu 12 jam perjalanan airnya.

“Antisipasi itu di Long Tungu kita sudah sosialisasi masalah kebencanaan, dengan cara membuat patok duga air. Sehingga kita sudah persiapan di sini, dari BPBD juga sudah merehab perahu untuk digunakan evakuasi,” jelasnya.

Tak hanya banjir bagian hulu, pihaknya juga mencari informasi di bagian hulu sungainya Sajau, yakni di area Poros Berau Bulungan. Karena di Tanjung Palas Timur sering terjadi banjir di Desa Wonomulyo, Desa Tanjung Agung dan Sajau Pungit.

“Di sana ada 2 jembatan yang kita curiga hulunya sungai Sajau yaitu jembatan Sajau Besar dan Pening Kecil,” ujarnya.

“Itu belum cukup karena masih ada hulunya lagi yaitu Batu Tulis Berau. Kita koordinasi dengan BMKG bagaimana mencari titik itu, sehingga saat cuaca tidak baik maka bisa di monitor BMKG sehingga bisa di infokan ke warga Wonomulyo,” sambungnya.

Dengan demikian BPBD akan bekerjasama dengan semua pihak, agar bisa menanggulangi masalah banjir di Bulungan. (*)

 

Reporter : Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed