oleh

9.601 Guru se-Kaltara Terima Insentif

NUNUKAN – Gubernur Kalimantan Utara Dr. Ir. H. Irianto Lambrie, M.M menyerahka bantuan keuangan khusus untuk pemberian insentif guru dan penyuluh se-Kabupaten Nunukan, di gedung olah raga (GOR) Nunukan, Sabtu 8 Februari 2020.

Dalam sambutannya H. Irianto Lambrie mengatakan, dalam pemberian insentif sudah dilakukan sejak tahun 2015 dengan besaran Rp 500 ribu per orang per bulan.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur meski APBD kita tidak banyak, kita bisa memberikan insentif kepada para guru dan penyuluh. Perlu diketahui juga, tidak semua daerah melakukan. Sekalipun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) nya lebih besar,” kata H. Irianto, kepada ribuan guru PAUD/TK, SD dan SMP, serta penyuluh pertanian dan perikanan se-Kabupaten Nunukan yang hadir saat itu.

Menurut dia, pemberian insentif bukanlah kewajiban, melainkan kebijakan dari kepala daerah dalam hal ini itu adalah gubernur.

Dengan memberikan insentif ini tak lain adalah untuk memotivasi bagi para guru agar lebih bersemangat mengabdi, menjadikan generasi ke arah semakin baik.

Sedangkan guru yang belum mendapatkan insentif, ia minta untuk mengkonfirmasi atau melapor ke Disdikbud kabupaten/kota masing-masing. Karena daftar guru yang menerima insentif adalah yang terdata oleh Pemkab dan Pemkot, melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

“Kita alokasikan anggaran untuk pemberian Bantuan Keuangan (Bankeu) Khusus ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemkot sebesar Rp 60,34 miliar, diantaranya sebesar Rp 18,82 miliar untuk Nunukan, Rp 16,08 miliar untuk Bulungan, Rp 8,89 miliar untuk Malinau, Rp 3,56 miliar untuk Tana Tidung dan Rp 12,99 miliar untuk Kota Tarakan,” jelasnya.

Bankeu khusus akan diserahkan sebanyak 9.601 guru se-Kaltara. Terdiri dari guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/Taman Kanak-kanak (TK) sederajat, guru Sekolah Dasar (SD) sederajat dan guru Sekolah Menegah Pertama (SMP) sederajat. termasuk kepala sekolah, Kemudian penyuluh perikanan dan penyuluh pertanian serta pengawas.

Untuk pencarian insentif yang didanai melalui Bankeu Khusus melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Dalam acara itu juga dihadiri Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris, dan didampingi Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid, Kepada Dinas Pendidikan Kaltara dan istansi terkait. (*)

Reporter: Darmawan
Editor : Nicky

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed