oleh

14,5 Hektar Lahan di Nunukan Terbakar Selama Sepekan

NUNUKAN – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kelurahan Tanjung Harapan, Jalan Lingkar Lapas RT. 09, Kecamatan Nunukan Selatan.

Kepala Sub Bidang Kedaruratan BPBD Nunukan, Hasanuddin menjelaskan, selama sepekan terakhir sudah terjadi tiga kali karhutla yang menghanguskan 14,5 hektar lahan milik warga.

Pada Kamis (6/2/2020) terjadi dua karhutla yang pertama di kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan, diketahui pemilik kebun adalah Jumaidi merupkan Ketua RT 09, luas karhutla yang terbakar seluas 9 hektar

“Lahan yang terbakar adalah pohon dan lahan kebun Selian itu lahan kosong milik warga. Belum diketahui asal api, apakah disengaja dibakar untuk membuka lahan kebun atau ada motif lain,” kata Hasanuddin kepada benuanta.co.id, Sabtu (8/2/2020)

Selin itu, karhutla kedua di jalanan panamas RT 03, Kelularah Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, Luas lahan terbakar mencapai 1,6 hektar. Pemilik lahan diketahui atas nama H.Bedu, lahan yang terbakar adalah lahan kosong dan pepohonan.

Pada Jumat (7/2/2020) karhutla kembali terjadi di tempat yang berbeda, yaitu di Kelurahan Tanjung Harapan, Jalan Lingkar Lapas RT. 09, kecamatan Nunukan selatan, seluas 3.9 hektar.Pemilik lahan diketahui bernama Ramlan.

“Kahutlah tersebar di beberapa titik lokasi, namun yang terbanyak yang kami tangani di Kecamatan Nunuakan Selatan, dengan 3 kejadian,” kata Hasan kepada benuanta.co.id.

Dalam pamadaman khuartlah itu melibatkan personel BPBD, pemadam kebakaran, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kehutanan Nunukan, TNI, Polri, dan dibantu warga.

Sedangkan peralatan pemadam dan unit kendaraan mulai dari mobil damkar Disdamkar, mobil BPBD, mobil damkar KPH Nunukan, dan motor trail. Selain itu peralatan mesin pompa, pompa tangan dan pemukul api.

“Adapun upaya yang kami lakukan adalah pemadaman langsung di titik api, dan memberikan imbauan kepada warga sekitar agar tidak membakar lahan,” jelasnnya.

Jika ingin membakar lahan, diimbau juga agar berkoordinasi terlebih dahulu dengan seluruh unsur terkait, dalam pelaksanaan penanganan karhutla di Nunukan.

Sebagian besar lahan yang terbakar adalah lahan kosong yang kemungkinan akan dijadikan kebun oleh warga. Sebagian kecil terdapat kebun warga seperti pohon pisang dan lainnya yang ikut terbakar. Namun atas kejadian itu tidak ada korban jiwa. (*)

Reporter: Darmawan
Editor : Nicky Saputra

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed