oleh

Lansia Belum Dapat PKH, Diimbau Segera Daftar ke Dinsos

NUNUKAN – Banyak masyarakat yang tidak tahu tata cara mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), atau anggota keluarga lanjut usia (lansia), umur 70 tahun ke atas dari keluarga kurang mampu, untuk mendapat bantuan dari pemerintah.

PKH adalah bantuan dari Kementerian Sosial RI. Melalui KPH, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan komponen kesejahteraan sosial berkewajiban memberikan makanan bergizi dan perawatan kesehatan terhadap anggota keluarga lansia di atas 70 tahun.

Dijelaskan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nunukan, Ir Jabbar MSi, tata cara untuk mendapatkan bantuan PKH, dengan melengkapi dokumen seperti fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah itu setor ke Dinas Sosial dengan surat pengantar dari desa atau kelurahan.

“Jika ada beberapa warga lansia di satu desa atau kelurahan, digabung menjadi satu dan dibuatkan surat pengantar dari desa atau kelurahan. Bisa juga langsung ke Dinas Sosial untuk dimasukkan di data penerima PKH,” kata Jabbar, Jumat (31/1/2020).

Setelah data tersebut terkumpul akan diverifikasi. Nantinya akan ada tim dari PKH Dinsos yang akan turun ke lapangan, untuk mengecek apakah orang tersebut layak mendapatkan bantuan sesuai persyaratan.

Kabupaten Nunukan saat ini telah menjadi 21 kecamatan. Tidak bisa dipungkiri bahwa, masih ada warga lansia yang belum menikmati program KPH. Sehingga perlu didaftarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Masih ada lansia yang belum masuk dalam KPM, bisa saja terjadi dikarenakan belum dilaporkan. “Kalau belum masuk, harus didaftarkan, dilaporkan dan dimasukkan datanya di pusat, data dan informasi Kementerian Sosial RI. Nanti datanya dilihat, jika memenuhi syarat, akan dimasukkan sebagai KPM,” jelasnya mengatakan data KPM ini setiap tiga bulan sekali  akan di-update. (*)

 

Reparasi: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed