oleh

Waspada Virus Corona, KKP Periksa ABK Luar Negeri yang Masuk ke Nunukan

NUNUKAN – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tunon Taka melakukan kewaspadaan terhadap merebaknya Virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCov) yang sudah tersebar di beberapa negara.

Sehingga, KKP Tunon Taka mengambil langkah  dengan melakukan koordinasi lintas sektor, baik itu dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan dan beberapa stakeholder yang ada di Pelabuhan Tunon Taka.

“Untuk kesiapsiagaan kami sendiri adalah, untuk petugas melengkapi diri dengan alat pelindung diri (APD) berupa masker N97 untuk pencegahan terinfeksi virus corona. Karena penularan virus ini sangat luar biasa,” kata Koordinator Wilker Nunukan, Kesehatan Pelabuhan Nunukan dr. Baharulla, kepada benuanta.co.id, Selasa (28/1/2020).

Sedangkan untuk alat angkut seperti kapal dari luar negeri yang tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, secara rutin akan melaporkan kepada KKP, dan akan melihat riwayat perjalanan kapal tersebut. Jika ada riwayat perjalanan dari China, maka akan dilakukan skrining yang ketat untuk anak buah kapal ABK kapal.

Selian itu, kedatangan dari Malaysia yang secara rutin masuk melalui Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, akan dilakukan pemeriksaan melalui skrining, mengingat wilayah Malaysia sudah ada 4 yang terdeteksi tertular virus corona. Maka pihak KKP akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk melihat dan mengecek riwayat perjalanan orang tersebut.

“Apakah ada riwayat orang tersebut ke Tiongkok atau ke China dalam masa 14 hari ini, jika itu ada, maka kami akan melakukan pengawasan. Apakah orang tersebut mengalami tanda-tanda tertular virus corona. Namun jika tidak tertular maka kami akan memberikan buku panduan, jika dia memiliki gejala-gejala yang muncul setelah beberapa hari dibrumah maupun di tempat yang lain, maka dia harus sesegera mungkin melaporkan dirinya ke puskesmas maupun ke RSUD setempat,” jelasnya.

Di Kabupaten Nunukan telah memiliki Tim Tanggap Cepat (TTC) atau darurat. Ini untuk mengantisipasi masuknya virus Corona ke Nunukan. (*)

Reporter: Darmawan
Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed