oleh

Bersama Mahasiswa KKN, Babinsa Koramil 0911-05/Lumbis Bentuk Generasi Bhineka Tunggal Ika

NUNUKAN – Babinsa Koramil 0911-05/Lbs Serka Darussalam bersama mahasiswa KKN dari Universitas Borneo Tarakan (UBT) sosialisasikan Bhenika Tunggal Ika kepada siswa SDN 07 Lumbis, Desa Patal, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (28/01/2020).

Sedikitnya 100 siswa sekolah dasar tersebut mengikuti kegiatan sosialisasi dengan sangat antusias. Selama hampir dua jam kegiatan, tepatnya mulai pada pukul 09.30 sampai 11.30 Wita, para siswa terlihat begitu bersemangat, walaupun sesekali diselingi canda gurau sembari mendengarkan ceramah.

Dengan materi yang ringan dan menghibur, siswa-siswi diajak untuk mengenali keragaman suku, adat istiadat, bahasa, dan kekayaan budaya Bangsa Indonesia, dengan harapan mereka akan tumbuh menjadi generasi yang toleran dan berwawasan kebangsaan, dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Mereka kita perkenalkan dengan berbagi permainan tradisional serta belajar bahasa daerah dan lagu-lagu tradisional. Didampingi oleh guru pembimbing bahasa yang kemudian dilanjutkan dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya,” ungkap salah satu Mahasiswa KKN.

Keceriaan siswa terlihat manakala mereka benar-benar mengusai apa yang telah diajarkan oleh pihak sekolah. Seperti apa yang selama ini telah berjalan, hingga kemudian anak-anak juga diajarkan toleransinya dengan tidak diperkenankan saling mendiskriminasi, baik dari perbedaan suku, bentuk wajah, warna kulit, dan agama.

“Kegiatan ini juga menambahkan kepada siswa untuk lebih bisa menanamkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam hati, serta menyingkirkan dan membuang sikap egois yang selalu mengutamakan diri sendiri dan mengesampingkan kebersamaan,“ ujar Serka Darussalam.(*)

 

Sumber: Pendim 0911/Nnk

Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed