oleh

Disdikbud Bulungan akan Cari Dana Bantuan Perbaiki Gedung Sekolah yang Terbakar

TANJUNG SELOR – Gedung serbaguna milik SMPN 2 Tanjung Palas yang terbakar, Ahad 19 Januari 2020 kemarin. Untuk mengetahui kondisinya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bulungan melakukan kunjungan ke sekolah tersebut. Dari informasi yang didapatkan, gedung yang terbakar itu sudah tidak layak pakai.

“Kerusakannya memang sudah 80 persen sebelum terbakar. Dan saat ini terbakar hingga habis,” ungkap Kepala Disdikbud Bulungan Jamaluddin Saleh kepada benuanta.co.id, kemarin.

Kata dia, kesanggupan pemerintah dalam memperbaikinya, tidak dapat direalisasikan dengan menggunakan APBD. Untuk itu Disdikbud akan mencari anggaran lain agar SMPN 2 Tanjung Palas ini tetap memiliki bangunan serbaguna.

“Bentuk efisiensi anggaran APBD, maka kita akan cari dari anggaran lain melalui DAK pusat atau Bantuan Pemerintah pusat,” jelasnya.

Gedung itu adalah aset yang tidak bisa dihilangkan. Namun karena adanya insiden kebakaran yang tidak disengaja, maka aset itu secara otomatis hilang. “Asetnya ini sekarang menyusut atau nihil kalau rusak berat atau diapresialkan. Untuk itu kita akan adakan lagi gedungnya,” bebernya.

Sementara itu, guru di SMPN 2 Tanjung Palas, M Asrofi mengatakan, gedung tersebut dibangun sekitar tahun 2004 silam. Dan kondisinya sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. “Di dokumen itu 23 April 2005 kegiatan kita sudah gunakan gedungnya. Jadi kemungkinan pembangunannya di tahun 2004,” ucap Asrofi.

Jumlah siswa yang tercatat hingga saat ini sebanyak 129 orang. Kebetulan tidak ada kegiatan saat kejadian maka tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi. “Ini terbakar itu tidak butuh waktu lama habis bangunannya terbakar,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed