oleh

Tahun Ini Polda Kaltara Akan Tertibkan Armada di Laut yang Tak Berizin

TANJUNG SELOR – Sebagai bentuk pengawasan di wilayah perairan, Polda Kaltara bakal melaksanakan operasi terhadap setiap armada laut. Tentunya melihat beberapa aspek, salah satunya jika satu armada sudah tidak laik pakai tapi masih beroperasi.

“Karena selama ini operasi kepolisian itu hanya di darat seperti Operasi Patuh, Operasi Keselamatan dan Operasi Zebra. Maka di tahun 2020 itu akan melakukan penertiban di perairan,” ungkap Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Karo Ops. Polda Kaltara Kombes Pol. Prasodjo Wibowo kepada benuanta.co.id, Senin 13 Januari 2020.

Pihaknya mengagendakan agar tahun 2020 sudah mulai operasi di perairan, dengan menggandeng pihak terkait seperti Dinas Perhubungan dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Dengan sasaran kapal yang tidak taat aturan seperti surat izin dan persyaratan yang perlu pada transportasi air.

“Seperti contohnya tadi saat rapat, masih ada kapal yang izin trayeknya mati. Jika sudah masuk ranah pidana akan disidik,” jelasnya.

Jika hanya berupa kesalahan administrasi maka dilakukan peringatan. Karena semua dapat berjalan jika sesuai aturan, untuk transportasi air lebih mementingkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Manakala aturannya sudah ada, semua pihak harus mematuhi aturan tersebut. Jika aturan dari atas, maka dari pusat hingga daerah wajib mematuhinya,” ucapnya.

Sebelum turun melakukan aksi, maka terlebih dahulu dilakukan pemahaman dan sosialisasi kepada pelaku usaha transportasi air. “Kita penertiban itu tujuannya untuk keselamatan, kebanyakan masyarakat menggunakan jalur air,” paparnya.

Ditambahkan Ketua Gapasdap Kaltara, Sabar, langkah Polda Kaltara dalam melaksanakan operasi terhadap angkutan di perairan, pihaknya mendukung. Apalagi untuk memperbaiki sistem keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Kita mendukung saja asal sesuai dengan koridornya. Karena Polda Kaltara memang pihak pengamanan,” ucap Sabar.

Jika terjadi konflik barulah pihak kepolisian masuk melakukan penyelidikan. Karena tujuannya untuk keamanan dan kenyamanan. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed