oleh

Dua Tahun Polda Kaltara, HMI Apresiasi Pengabdian Brigjen Pol. Drs. Indrajit SH

Oleh: Abdul Muis

(Ketua Umum BADKO HMI Kaltim-Kaltara)

KAMIS, 09 Januari 2020 Polda Kaltara Genap berusia dua tahun. Menurut pengamatan kami dari pengurus Badko HMI Kaltim-Kaltara, walaupun Polda Kaltara tergolong sebagai Polda baru di tubuh Polri, tapi telah menorehkan prestasi yang patut dibanggakan masyarakat Kalimantan Utara. Pasalnya dalam waktu kurang lebih setahun Polda Kaltara telah merealisasikan Pembangunan Makopolda Kaltara, SPN dan juga RS Bhayangkara. Bahkan dalam hal pengisian jabatan Polda Kaltara telah menerapkan sistem terbuka.

Dalam hal kinerja sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, Polda Kaltara patut juga kita apresiasi. Pasalnya dengan segala keterbatasan SDM, dengan hanya memiliki jumlah personel 2.600 orang yang harusnya 7.600 orang, artinya dari segi personel baru terpenuhi sekitar 30 persen, tapi hal tersebut tidaklah menjadi pengahalang untuk memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat perbatasan. Hal tersebut dapat diukur dari dua hal, yang pertama dengan keberhasilan mewujudkan pemilu serentak 2019 yang aman dan damai di wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

Kedua dapat dilihat dari pemberantasan dan pengungkapan peredaran narkoba di wilayah perbatasan yang selama ini meresahakan masyarakat, dengan berhasil menggagalkan peredaran narkoba sebanyak 105 Kg pada tahun 2019.

Menurut kami dari pengurus Badko HMI Kaltim-Kaltara, Kemajuan dan capaian prestasi yang diraih Polda Kaltara tidak terlepas dari peran dan juga kesediaan Kapolda Kaltara Brigjen Pol. Drs. Indrajit SH untuk mengabdikan diri di Kalimantan Utara, merujuk pada keterangan Kapolri Jendral Tito Karnavian pada saat meresmikan Mako Polda Kaltara (18/07/2019), dia menjelaskan bahwa dalam penunjukkan struktur organisasi Polda Kaltara tidaklah mudah.

Pasalnya yang dia tahu, beberapa Jendeal itu ingin bertugas di daerah yang telah mapan, sedangkan di Tanjung Selor masih menjadi perintis, yang akhirnya terpilih dan ada kesiapan ialah Brigjen. Pol. Indrajit sebagai Kapolda Kaltara pertama.

Maka dari itu, pada momentum HUT Polda Kaltara yang Ke- 2 (dua) tahun ini, Kami dari pengurus Badko HmI Kaltim-Kaltara mengapresiasi pengabdian Brigjen. Pol. Indrajit yang juga dikenal oleh masyarakat Kaltara sebagai sosok Kapolda yang tegas dan humanis. Karena komitmen dan kerja keras mantan Wakapolda Jateng tersebut telah membuahkan hasil dengan menghantarkan Polda Kaltara hampir sejajar dengan Polda-Polda lainnya yang ada di tubuh POLRI.

Kami dari Pengurus Badko HMI Kaltim-Kaltara juga berharap Kepada Kapolri Jendral Idham Azis untuk memberikan perhatian khusus dalam hal percepatan kenaikan status Polda Kaltara menjadi Tipe A. Mengingat posisi Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan negara lain dan wilayah perbatasan, selama ini juga dikenal sebagai pintu masuknya Narkoba, barang ilegal dan juga teroris. Sehingga kedepan Polda Kaltara lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsi POLRI sebagai Pelayan, Pelindung dan Pengayom Masyarakat.(*)

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed