oleh

Jumlah Santunan Korban Kecelakaan Tahun Ini Turun

TARAKAN – PT Jasa Raharja selaku pemberi perlindungan dan santunan kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan umum seperti bus, kapal laut, dan pesawat terbang, telah menyalurkan total santunan mencapai Rp 4,4 miliar hingga akhir November 2019 ini.

Santunan tersebut diberikan kepada masyarakat yang mengalami luka-luka, cacat permanen, dan meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua pengendara atau lebih.

“Santunan untuk korban luka-luka itu kita bayarkan ke rumah sakit atau langsung ke orangnya apabila telah membayar sendiri,” jelas Januar, Mobile Service bagian pelayanan PT Jasa Raharja.

“Kemudian apabila setelah kejadian kecelakaan menimbulkan cacat tetap atau ada bagian tubuh yang hilang atau tidak berfungsi lagi, atau meninggal, maka akan ada santunan lagi,” tambahnya.

Syarat utama yang harus dipenuhi untuk memperoleh santunan dari PT Jasa Raharja yakni harus adanya laporan polisi. Di mana dari laporan polisi tersebut nantinya pihak Jasa Raharja akan membuatkan surat jaminan kepada pihak rumah sakit untuk biaya perawatannya.

“Tapi harus dilihat juga dari laporan polisi tersebut apakah mengalami kecelakaan tunggal atau kecelakaan dua kendaraan. Karena kalau penyebabnya itu kecelakaan tunggal kami tidak bisa menjaminkan namun bisa dijaminkan oleh pihak BPJS,” terangnya.

Lebih lanjut Januar menjelaskan, saat ini sistem yang dimiliki oleh Jasa Raharja telah terkoneksi dengan sistem yang dimiliki oleh pihak kepolisian dan rumah sakit. Sehingga masyarakat yang mengalami kecelakaan tidak harus lagi untuk mendatangi kantor Jasa Raharja, melainkan pihak Jasa Raharja sendiri yang akan mengantarkan santunan kepada korban kecelekaan tersebut.

“Ketika pihak kepolisian sudah menerbitkan laporannya, maka laporan tersebut juga akan masuk ke dalam sistem kita. Sehingga memudahkan masyarakat ketika sudah melaporkan ke polisi langsung bisa kita datangi ke rumah sakit untuk memberikan surat jaminan,” jelasnya.

Jumlah santunan yang disalurkan oleh Jasa Raharja untuk tahun 2019 ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, dimana pada Tahun 2018 lalu Jasa Raharja menyalurkan santunan mencapai Rp 7 miliar. (*)

Reporter : Rachman
Editor : M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed