oleh

Polsek Nunukan Paling Banyak Tangani Kasus Pencurian

NUNUKAN – Tindak kriminal berupa pencurian di Nunukan dinominasi di wilayah Polsek Nunukan. Hal ini disampaikan Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro SIK.MH melalui kasubag Humas Polres Nunukan Iptu M. Karyadi.

Karyadi mengatakan, kasus pencurian di wilayah itu paling menonjol. Sehingga masyarakat harus lebih waspada terhadap penyimpanan barang yang berharga.

“Barang yang sering menjadi perhatian tindak kejahatan itu adalah perhiasan, seperti cincin, kalung, gelang emas dan handphone (HP) serta barang lainnya,” kata Karyadi kepada benuanta.co.id, Ahad (1/12/2019).

Karyadi menyarakan agar saat pergi meninggalkan rumah, cek seluruh kondisi rumah, jendela dan pintu dikunci dengan baik dan benar. Jangan biarkan rumah ditinggal tanpa pengawalan tetangga atau rukun tetangga (RT) setempat.

Seiring masuknya Bulan Desember atau menjelang tahun baru, tindak kejahatan yang terjadi di masyarakat cenderung meningkat. Walaupun kegiatan kepolisian sudah ditingkatkan, pelaku sekarang ini semakin nekat.

Menurut pelaku yang pernah ditangkap, mereka senang beraksi pada saat rumah sedang kosong lantaran lebih mudah melancarkan aksi. Masyarakat banyak meninggalkan rumahnya tanpa dikunci tanpa ada pengaman tambahan.

Karyadi menyarankan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaanya serta selalu cek dan kontrol rumah sebelum pergi. Kalau bisa ditambah kunci pengaman tambahan maupun CCTV.

Selian itu, ia juga mengatakan, baru-baru ini saja terjadi pencuri ATM. Hal itu perlu menjadi perhatian, jangan beri kesempatan kepada pelaku kejahatan untuk mengetahui kode pin ATM.

“Pada saat melakukan transaksi di ATM harus menutupi kode pin agar tidak ada yang mengetahui, untuk menjaga keamanan kode rahasia,” ujar Karyadi. (*)

Reporter: Darmawan
Editor : M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed