oleh

Tahap 1 Habiskan Rp 17 M, Tahap 2 Rp 16 M

UNTUK BANGUN GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KALTARA

TANJUNG SELOR – Pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Utara telah berjalan dan progresnya kini sudah mencapai 60 persen lebih. Bangunan yang mulai dikerjakan sejak 2018 lalu itu kini telah terbentuk kerangkanya.

“Yang jelas dibangun itu ada ruangan teaternya, ruang multimedia saat ini sudah tahap kedua berjalan,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara, Hermawan kepada benuanta.co.id, Sabtu 30 November 2019.

Berlokasi di Jalan Rajawali, Kelurahan Tanjung Selor Hilir, dengan luas lahan 48.179 meter persegi. Di tahap awal tahun 2018 menghabiskan anggaran dari pusat sebesar Rp 17 miliar. Yang dikerjakan oleh kontraktor PT Putra Tanjung. “Tidak hanya DPK saja tapi di lokasi itu ada gabungan dinas yang membangun seperti Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPK Provinsi Kaltara Syamsuddin mengatakan, di tahun 2019 sejak diteken kontrak pada Mei 2019 lalu dengan nilai kontrak sebesar Rp 16.101.159.036,67 maka tahap kedua pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan kembali berlanjut.

“Tahap kedua ini menggunakan APBD sebesar Rp 16 miliar. Kemarin yang menghabiskan anggaran itu untuk bangunan fisik,” ucap Syamsuddin.

Kata dia progres pembangunannya sudah mencapai 65 hingga 70 persen. Dan dari 34 provinsi di Indonesia, Provinsi Kaltara menjadi satu-satunya daerah yang mendapatkan APBN tahun 2018 sebesar Rp 17 miliar untuk pembangunan perpustakaan. Sementara tahun ini sudah dilanjutkan menggunakan anggaran daerah.

“Jadi nanti kita pindah berkantor di sana, kebetulan yang diberikan anggaran adalah perpustakaan. Tapi nanti Kearsipan juga kesana,” bebernya.

Untuk penyelesaian pembangunan ini pihaknya belum tahu. Karena seharusnya selesai saat direncanakan dibangun 2 lantai saja. Ternyata perubahan bangunan menjadi 3 lantai. “Tapi itu tidak mengurangi anggaran yang ada,” tuturnya.

Dia menambahkan, kelebihan dari perpustakaan ini memiliki aula dan taman baca. Yang lebih penting akan dilengkapi dengan fasilitas internet yang dapat menunjang kegiatan para pembaca. “Jaringan Wi-fi nya itu lebih kencang dan kuat,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor : M. Yanudin

Bagaimana menurut Anda berita ini
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
loading...
Loading...

Komentar

News Feed